Presiden SBY : Buruh Harus Dapatkan Upah Layak

Nasional / 2 February 2012

Kalangan Sendiri

Presiden SBY : Buruh Harus Dapatkan Upah Layak

daniel.tanamal Official Writer
1788

Menanggapi aksi kaum buruh yang terjadi pada pekan lalu di kawasan industri Cikarang Bekasi dan memacetkan sejumlah ruas jalan utama di Jakarta dam luar kota, Presiden SBY berharap pemerintah kabupaten/kota mengambil tanggung jawab untuk mengelola, mengatasi, dan menyelesaikan permasalahan itu.

”Rumuskanlah dengan tepat agar dari masa ke masa upah atau penghasilan pekerja kita layak dan semakin baik,” kata Presiden dalam jumpa pers dadakan di halaman Kantor Presiden, Jakarta seperti dirilis kompas.com, Rabu (1/2/2012).

SBY juga menambahkan bahwa secara moral, upah buruh harus baik dan layak sehingga menjadi adil. Ketika ekonomi dan dunia usaha di Tanah Air terus tumbuh dan berkembang, upah buruh juga mesti ditingkatkan. Peningkatan disesuaikan dengan pertumbuhan ekonomi dan dunia usaha di daerah masing-masing.

”Pendek kata, saya berharap tripartit dalam kabupaten atau kota bisa bekerja sebaik-baiknya. Jangan menyimpan dan mengalirkan masalah ke ruang yang lain,” katanya.

Akan lebih baik lagi jika Presiden turun langsung untuk melihat permasalahan gaji buruh secara substansial. Karena sulit untuk mempercayakan hal tersebut kepada pejabat daerah atau para pengusaha yang kini masih mensengketakan upah-mengupah tersebut.

Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami