Sinode Gereja Papua Dialog Dengan Presiden SBY

Internasional / 2 February 2012

Kalangan Sendiri

Sinode Gereja Papua Dialog Dengan Presiden SBY

daniel.tanamal Official Writer
3128

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berdialog dengan ketua sinode-sinode gereja di Papua. Presiden mendengarkan pendapat dari para tokoh agama itu untuk mewujudkan Papua yang maju dan damai.

"Presiden menyambut baik, meminta kepada semua pihak yang dipimpin oleh wapres untuk terus mendialogkan kemajuan Papua. Kita wujudkan Papua damai sekaligus bagaimana menyejahterahkan masyarakat Papua," ujar Mendagri, Gamawan Fauzi, yang turut serta dalam pertemuan.

Hal itu disampaikan Gamawan usai pertemuan tertutup Presiden dengan sejumlah tokoh agama di Wisma Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (1/2/2011). Hadir juga dalam pertemuan Wapres Boediono.

Tokoh agama yang hadir yakni Pdt. Lipiyus Biniluk, Dr. Neles Tebay, Pr., Pdt. Jan Pieth Wambraw, Pdt. Isai Doom, S.Th., Pdt. Ronaldly Rionaldo Waromi, S.Th., Pdt. Theopilus Maupa, Pdt. Daniel Sukan, S.Th., Pdt. J. Willem Yance Maury, S.Th., Pdt. Dorman Wandikbo, Pdt. Obednego Mauri, Ev. Mathias Sarwa, Pdt. Yulianus Worabay dan Maurits Rumbekwan, SH.

Dalam pertemuan itu, kata Gamawan, Presiden juga memberi petunjuk agar segera diwujdkan upaya menurunkan harga-harga sejumlah komiditas di Papua.

"Misalkan semen, dan pelayaran sedang dikonkretkan. Sekarang sedang dibuat kajian bagaimana membuat pabrik semen, kapal segera dibeli untuk memperlancar transportasi agar transport tidak mahal," ujarnya.

Gamawan mengatakan, para tokoh agama menyebut ada 9 elemen masyarakat yang harus diajak untuk membangun Papua. Mereka antara lain orang asli Papua, gereja, kepala daerah, Majelis Rakyat Papua dan unsur adat.

Pemimpin Gereja harus mengambil sikap dan tindakan ketika suara rakyat telah lama diabaikan oleh pemerintah dan tidak diaspirasikan oleh para wakil rakyat. pertemuan ini paling tidak membuka mata kita bahwa, pemimpin umat harus berjalan didepan untuk menyuarakan kepentingan jemaatnya.

Sumber : detik.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami