Resiko Pekerja Pers, Mulai Kekerasan Hingga Ancaman Pembunuhan

Nasional / 1 February 2012

Kalangan Sendiri

Resiko Pekerja Pers, Mulai Kekerasan Hingga Ancaman Pembunuhan

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2380

Profesi wartawan adalah salah satu profesi dengan banyak ancaman. Di dunia, peringkat index kebebasan pers Indonesia anjlok dari posisi 117 pada 2011 menjadi 146 pada tahun ini. Turunnya peringkat ini merupakan peringatan atas ancaman kebebasan pers. Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) mencatat, ada banyak masalah yang dihadapi pers di Indonesia selama 2011 kemarin.

Permasalahan yang kerap dialami jurnalis antara lain, ancaman kekerasan, problem etika pemberitaan pers, isu kesejahteraan jurnalis, masalah penyiaran dan media baru, kondisi jurnalis perempuan, serta perkembangan organisasi jurnalis.

Ketua umum AJI, Eko Maryadi mengungkapkan, kekerasan terhadap jurnalis pada 2011 meningkat dibanding tahun sebelumnya dan diperkirakan akan meningkat menjelang pemilu 2014 mendatang.

"Menjelang Pemilu 2014, AJI memperingatkan ancaman meningkatnya tindak kekerasan terhadap jurnalis terkait kepemilikan media oleh pimpinan partai politik atau calon presiden atau calon kepala daerah," ujar Eko seperti dikutip dari vivanews, pada Selasa (31/1).

Posisi Indonesia saat ini berada di bawah Filipina (140), Gambia (posisi 141), Rusia (posisi 142), Kolombia (posisi 143), Swaziland (posisi 144) dan Republik Demokratik Kongo (posisi 145). Posisi Indonesia sendiri sama dengan negara Malawi.

Peran media sebagai alat untuk mengedukasi masyarakat lewat berita sangatlah besar. Untuk itu sebagai negara demokrasi, pemerintah seharusnya menjamin kebebasan pers dengan memberikan perlindungan profesi dan standar keselamatan.

Sumber : berbagaisumber/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami