Kasih Satukan Katolik Roma dan Kristen Orthodok

Internasional / 1 February 2012

Kalangan Sendiri

Kasih Satukan Katolik Roma dan Kristen Orthodok

Budhi Marpaung Official Writer
3159

Kabar gembira datang dari para pengikut Kristus di Inggris. Pada pekan lalu, Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Koptik di Inggris meluncurkan sebuah buku yang ditulis bersama yang berjudul “Joint Statements”.

Isi buku tersebut adalah uraian tentang daerah kesepakatan teologis antara dua denominasi tersebut.

Pemimpin Gereja Orthodoks Koptik di Inggris yang menjadi salah seorang penyaji dalam acara launching buku “Joint Statement” beberapa hari kemarin, Bishop Angaelos mengatakan bahwa selama 1600 tahun terakhir area iman dan  sejumlah isu yang ditulis dalam buku tersebut telah memisahkan mereka.

"Hal ini sangat baik bagi kami (Para pemimpin dari Orthodoks Koptik dan Katolik Roma) untuk berdiri di mimbar dan berkhotbah tentang kasih, karena jika kami setia kepada Tuhan tetapi tidak dapat bekerja sama dengan saudara seiman yang lain maka dunia akan melihat bahwa kami ini sangat munafik," ujarnya.

"Jika kami sebagai pemimpin Gereja tidak bisa benar-benar menunjukkan hubungan yang seharusnya terjadi di antara Gereja-gereja  maka Gereja-gereja akan sangat sulit memberitakan kasih, pengampunan dan penerimaan, itulah sebabnya saya sangat senang menjadi bagian dari peluncuran ini."

Senada dengan Bishop Angaelos, pemimpin Gereja Katolik Roma di Southwark Inggris yang juga hadir sebagai penyaji buku “Joint Statements”, Uskup Agung Kevin McDonald menyatakan bahwa meski perbedaan diantara dua denominasi tersebut sudah berlangsung lama, tetapi hal itu harus diakhiri.

"Ini adalah saat yang tepat bagi kita semua untuk menyadari bahwa ada dimensi internasional untuk ekumenisme dan kita semua memiliki saham di dalamnya, kita semua adalah bagian dari itu," ungkap Uskup Agung McDonald.

Sekali lagi kekuatan kasih terbukti dalam kehidupan manusia. Ia dapat membuat kita berdamai dengan perbedaan. Ia dapat menyatukan kembali kita dengan orang/kelompok lain yang sudah terpisah bertahun-tahun. Sungguh ketika kita membiarkan kasih menguasai kita maka segala persoalan antarkita pasti dapat teratasi.

Menyebarkan cinta kepada sesama adalah tugas kita semua sebagai pengikut Kristus, oleh sebab itu yuk mari ikut serta dalam hal ini dengan berpartisipasi dalam “Ekspresikan Cintamu” yang diadakan jawaban.com.  Info selengkapnya klik DISINI


Baca juga artikel lainnya :

Sumber : christiantoday/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami