Pemerkosaan di Angkot Meningkat, DPR Minta BIN Tanggung Jawab

Nasional / 31 January 2012

Kalangan Sendiri

Pemerkosaan di Angkot Meningkat, DPR Minta BIN Tanggung Jawab

Puji Astuti Official Writer
4038

Kasus pemerkosaan di angkutan umum yang sejak tahun 2011 lalu terus meningkat menjadi perhatian Komisi I DPR. Untuk itu rencananya saat Komisi I memanggil Badan Intelijen Negara (BIN), mereka akan dimintai pertangungjawaban. Menurut Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin pihak BIN harus bertanggung jawab juga pada keamanan lokal bukan hanya negara.  

"Saya kira tidak masuk konteks BIN secara khusus tapi dalam konteks keamanan lokal. Masalah keamanan itu tidak bisa terpisahkan dari keamanan negara," demikian alasan Hasanuddin yang dikutib oleh Detik.com, Selasa (31/1).

Selain akan membahasa pemerkosaan di angkot yang telah menimpa seorang mahasiswa, karyawati dan juga seorang ibu penjual sayur, Komisi I DPR juga akan membahas program kerja kwartal pertama BIN di tahun 2012.

Dilain pihak, Ketua Dewan Transportasi Kota Azaz Tigor berpendapat berulangnya kejadian pemerkosaan di angkot karena pihak aparat yang tidak tegas terhadap para pelaku sehingga tidak menimbulkan efek jera. Banyak kasus pelecehan seksual yang akhirnya diselesaikan secara “kekeluargaan” menggambarkan lemahnya perlindungan hukum bagi para korban.

Sumber : Detik.com|Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami