Jika Balita Anda Bertanya Tentang Seksualitas

Jika Balita Anda Bertanya Tentang Seksualitas

Lois Official Writer
2959

Anak balita sudah membutuhkan pendidikan seks tentang tubuh manusia, pubertas, seks itu sendiri, dan reproduksi. Namun, tentu saja ada tingkatannya sampai sebatas mana pendidikan itu harus diberitahukan kepada anak balita Anda dan menggunakan cara seperti apa. Dalam membicarakan seks dengan anak balita, tidaklah harus menggunakan waktu khusus, tapi harus sering dilakukan. Misalnya saja, saat muncul pertanyaan anak tentang perbedaan yang dia lihat dari anak lainnya dengan dirinya. Untuk itu, inilah langkah-langkah yang harus Anda ketahui :

Kenali perkembangan seksual anak Anda
Penting untuk mengetahui perkembangan mereka sejak dari bayi hingga umur lima tahun. Saat anak-anak mulai belajar berjalan, itulah saatnya mereka juga belajar mengenai tubuh mereka. Karena itu, pendidikan seks untuk anak balita menyangkut tentang bagian tubuh dan fungsinya, kita bisa mengajarkan mereka saat mandi tentang nama-nama dari organ tubuh mereka.

Saat pertanyaan anak muncul
Ketika anak Anda bertanya tentang bagian tubuhnya ataupun bagian tubuh Anda. Jangan tersenyum geli, tertawa, ataupun merasa malu. Jawab pertanyaan itu dengan bijak. Katakan secara jujur dan terbuka padanya. Jika anak Anda ingin tahu lebih banyak lagi, dia pasti akan bertanya.

Cara balita memperlakukan tubuh mereka
Ajarkan juga kepada mereka bagaimana untuk menjaga tubuh mereka, memperlakukan dan melindungi tubuh dengan baik. Banyak anak-anak yang bereksperimen secara alami dengan tubuh mereka. Misalnya saja, anak laki-laki akan menarik alat kelamin mereka ataupun anak gadis memegang tubuh bagian bawah mereka. Ajarkan mereka untuk tidak memegang bagian-bagian tubuh tersebut tanpa ijin dari Anda. Jika Anda kuatir dengan tingkah laku mereka, cobalah hubungi dokter.

Perbedaan dengan anak-anak lainnya
Pada umur 3-4 tahun, anak-anak mulai menyadari perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Saat itu, Anda bisa saja menemukan anak Anda bermain dokter-dokteran ataupun memeriksa organ tubuh anak lainnya. Jika hal ini yang terjadi, cobalah memberi batasan kepada mereka sampai sejauh mana mereka boleh bermain dokter-dokteran.
Setiap moment adalah kuncinya

Ambil setiap kesempatan yang ada, misalnya ketika ada anggota keluarga yang hamil, beritahu anak Anda bahwa ada bayi yang tumbuh di dalam tubuh ibunya. Jika anak Anda ingin tahu lebih lanjut, berikan jawaban pada mereka. Ingatlah, kunci penting dari pembicaraan ini adalah kejujuran. Jika Anda merasa tidak nyaman, Anda harus tetap lakukan agar anak Anda mengerti. Pergunakan bahasa yang sederhana dan gunakanlah perumpamaan jika diperlukan. Ketika dari kecil anak sudah mulai diajarkan, pendidikan seks yang benar pun akan tertanam ke dalam dirinya.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami