Putra Kim Jong-il Nilai Korut Akan Segera Hancur

Nasional / 19 January 2012

Kalangan Sendiri

Putra Kim Jong-il Nilai Korut Akan Segera Hancur

daniel.tanamal Official Writer
3648

Kim Jong-nam, salah satu anak mendiang Kim Jong-il yang jarang terpublikasi dibanding adik tirinya Kim Jong-un memprediksikan bahwa umur negara Korea Utara tidak lama lagi akan mengalami kehancuran. Setidaknya itulah yang ia nilai dalam buku terbarunya yang akan terbit di Jepang.

Dilansir The Guardian, Selasa 17 Januari 2012,  pada buku tersebut memuat percakapan antara Jong-nam dengan wartawan Tokyo Shimbun, Yoji Gomi, penyusun buku itu.
"Rezim Kim Jong-un tidak akan bertahan lama. Tanpa reformasi, Korea Utara akan hancur. Jika reformasi dilakukan pun, rezim juga akan tetap runtuh," kata Jong-nam.

Jong-nam juga memaparkan bahwa suksesor muda ayahnya, Kim Jong-un merupakan pemimpin boneka yang terlalu muda. Kekuatan Korut sebenarnya, menurut Jong-nam terletak pada pimpinan militer disekeliling Jong-un. Akibatnya Korut dinilai akan menghadapi dilema, apakah harus melakukan reformasi atau tetap pada struktur politik yang sudah ada. Namun apapun pilihannya, Jong-nam meyakini Korut tetap akan hancur.

Posisi Jong-nam sendiri kini dibawah perlindungan pemerintah China. Dirinya membuat kasus dengan upaya kabur ke Jepang. Satu hal yang membuat Jong-il malu besar. "Pemerintah China melindungi saya, tapi sekaligus memantau saya. Ini adalah takdir yang tidak bisa dielakkan. Jika tidak dapat dihindari, ya dinikmati saja," katanya.

Apapun prediksinya kita berharap bahwa akan ada perubahan yang besar di Korut, dan perpecahan diantara dua negara korea berikut dengan para deserter yang menginginkan kebebasan tetap dapat terekonsiliasi dengan baik. Karena prediksi dan penilaian negatif hanya akan melahirkan situasi traumatis yang melahirkan kecurigaan

Sumber : The Guardian - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami