Kapal Karam, Kapten Schettino Akui Telat Beri Perintah

Nasional / 19 January 2012

Kalangan Sendiri

Kapal Karam, Kapten Schettino Akui Telat Beri Perintah

Budhi Marpaung Official Writer
3151

Sejumlah media lokal di Italia baru saja melansir hasil transkrip pemeriksaan yang dilakukan penyidik kepada kapten kapal pesiar Costa Concordia, Francesco Schettino beberapa waktu lalu.

Dari situ diketahui bahwa sang pemimpin kapal mengakui telah melakukan kesalahan navigasi sehingga menyebabkan kapal pesiar itu menabrak karang. Schettino berdalih ia telat memberi perintah berbelok saat kapal Costa Concordia berlayar mendekati sebuah pulau.

Pada transkrip itu terungkap juga tentang rute pelayaran hari pertama Costa Concordia sudah ditentukan sejak kapal itu meninggalkan pelabuhan Civitavecchia, dekat Roma.

Kepada penyidik, Schettino pun mengakui berlayar dekat Pulau Giglio untuk menghormati seorang mantan kapten yang tinggal di pulau tersebut. "Saya melakukan navigasi murni mengandalkan penglihatan karena saya tahu kedalaman laut itu dengan baik," ujar Schettino, Rabu (18/1).

Pada kesempatan itu pula sang kapten kapal menyatakan sudah melakukan manuver ini tiga atau empat kali. Namun kali ini ia mengatakan telat memerintahkan awak untuk membelokkan kapal. "Akhirnya kapal itu berakhir di perairan yang terlalu dangkal. Saya tak tahu mengapa hal itu bisa terjadi," ungkapnya.

Manusia memang tidak pernah luput dari kekeliruan, tetapi jika hal itu terjadi dan mengakibatkan banyaknya orang yang kehilangan nyawa maka sanksi harus diberikan kepada orang tersebut. Sebagai seorang pemimpin kapal Costa Concordia, Schettino selayaknya menerima hukuman berat karena perbuatnya itu. Semoga peristiwa ini menjadi pelajaran bagi seluruh penyedia layanan transportasi agar mereka melatih sumber daya manusia mereka dengan baik – tidak hanya skill, tetapi juga karakter.

Sumber : tempo interaktif/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami