Presiden SBY Puji dan Kritisi Kinerja Polri

Nasional / 18 January 2012

Kalangan Sendiri

Presiden SBY Puji dan Kritisi Kinerja Polri

daniel.tanamal Official Writer
2114

Dalam Rapat Pimpinan Polri (Rapim Polri) yang diadakan di Markas Besar Polri, Selasa kemarin (17/1/2012) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ikut memberikan beberapa poin pandangannya terhadap lembaga penegak hukum tersebut. Pujian juga kritikan dari SBY kepada Polri juga ikut disampaikan.

SBY mengawali pidatonya dengan pujian kepada Polri terutama pada penanganan terorisme. "Pertama adalah hasil nyata dalam pencegahan terorisme. Namun, publik tidak menghitung apa yang berhasil dicegah. Saya mendapat laporannya (aksi teror yang berhasil dicegah)," ucapnya.

Selanjutnya SBY juga melihat bahwa proses perekrutan anggota Polri dan bidang penggunaan anggaran telah dijalani dengan baik. Termasuk juga bidang pemberantasan narkoba dan pencapaian dalam pelaksanaan tugas pengamanan besar-besaran, seperti pada saat Lebaran serta Natal dan Tahun Baru, dan beberapa pengamanan acara khusus.

Namun usai memberikan pujiannya, SBY juga mengkritisi kinerja Polri atas terutama dalam penanganan keamanan dan profesionalitas dalam menyelesaikan masalah. "Dalam menjaga keamanan, utamanya dalam menangani aksi yang mengandung unsur kekerasan, ada anggota yang tidak siap. "Muncul kesan ada pembiaran. Saya tahu itu bukan pembiaran, tetapi kurang responsif," ucapnya.

Menghindari sejumlah hal yang kemungkinan akan terjadi kembali mengenai penanganan kasus seperti pelanggaran kebebasan beragama, Presiden sudah selayaknya turun langsung memberikan tindak nyata bersama Polri. Karena pujian dan kritikan, saat ini tidak dapat ditelaah dan dilaksanakan kedalam masyarakat yang kini menghadapi bahaya kebersamaan akibat adanya kelompok kepentingan yang mengatasnamakan agama.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami