Tarif Dasar Listrik Kemungkinan Naik April Tahun Ini

Nasional / 17 January 2012

Kalangan Sendiri

Tarif Dasar Listrik Kemungkinan Naik April Tahun Ini

daniel.tanamal Official Writer
4167

Usulan pemerintah untuk menaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 10 persen sepertinya memang akan terlaksana. Hal ini dinyatakan Anggota Komisi VII DPR RI, Bambang Wuryanto yang melihat kemungkinan pemerintah akan menaikkan TDL.

Bambang yang juga Sekretaris Fraksi PDI-P di DPR RI memperkirakan, kenaikan TDL pada April 2012 sebesar 10 persen. Kenaikan TDL sebesar 10 persen itu tentunya akan memberatkan pengusaha, terutama yang bergerak di sektor tekstil, industri sandang, makanan dan minuman, serta sektor bisnis ritel.

Wacana kenaikan ini memang sudah direncanakan pemerintah mulai tahun lali melalui Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ad interim Hatta Rajasa yang mengusulkan tarif dasar listrik dinaikkan 10 persen pada 1 April 2012 untuk menekan beban subsidi listrik menjadi Rp 45 triliun.

Menurut Hatta, subsidi listrik masih diperlukan karena biaya pokok produksi (BPP) tenaga listrik yang tinggi dan tidak dapat ditutup oleh TDL saat ini. Kontan saja hal ini mendapat suara ketidaksetujuan, salah satunya dari Forum Lintas Asosiasi Nasional yang menolak kenaikan tarif dasar listrik tahun 2012 yang direncanakan mencapai 10-15 persen.

Jika tetap naik, pengusaha minta kenaikan itu harus diberlakukan kepada seluruh pelanggan PLN, termasuk pelanggan rumah tangga berkepasitas 450 kVA dan 900 kVA. Kita berharap bersama bahwa kenaikan ini dapat membawa stabilitas nasional normal kembali dan menghadirkan sesuatu yang berguna untuk masyarakat pada sektor lain.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami