Minimarket Jadi Sasaran Empuk Perampok, Salah Siapa?

Nasional / 16 January 2012

Kalangan Sendiri

Minimarket Jadi Sasaran Empuk Perampok, Salah Siapa?

Puji Astuti Official Writer
2125

Perampokan minimarket saat ini seperti sedang menjadi trend, dalam satu bulan terakhir ini saja menurut berita yang dirilis oleh Okezone telah terjadi 10 perampokan minimarket di kawasan Jabodetabek.

Menurut pakar kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala, maraknya perampokan yang terjadi ini salah dari pemilik minimarket sendiri.

"Kenapa salah sendiri? Banyak dari pengusaha ataupun pemilik minimarket selama ini hanya mengutamakan sisi kenyamanan bagi pengunjung, tanpa diimbangi dengan sisi keamanan," demikian ungkap Meliala, Minggu (15/1) lalu.

Selain itu, menurut Meliala para pelaku bukanlah perampok professional namun lebih kepada masyarakat sekitar yang sakit hati kepada minimarket yang banyak mematikan warung-warung kecil di sekitarnya. Ia menyimpulkan seperti itu karena dari beberapa kasus yang terjadi, yang benar-benar mengambil uang hingga belasan juta rupiah hanya beberapa saja. Sisanya hanya merampok uang ratusan ribu, rokok dan juga makanan.

Mencari untung, tentu saja itu adalah tujuan sebuah usaha dibangun. Namun pengusaha juga harus memperhatikan kondisi perekonomian masyarakat di sekitarnya. Selain itu, pihak pengusaha juga harus memperhatikan keamanan dan bekerjasama dengan pihak kepolisian sehingga hal yang sama tidak terulang kembali.

Sumber : Okezone | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami