Dunia Internasional Dukung Indonesia Selesaikan Masalah Papua

Dunia Internasional Dukung Indonesia Selesaikan Masalah Papua

daniel.tanamal Official Writer
2828

Kepala Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) Bambang Darmono menyatakan bahwa dunia internasional menyatakan dukungannya atas upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia dalam menyelesaikan masalah di Papua.

Dirilis kompas.com Rabu (11/1), Bambang mengatakan hal itu saat mensosialisasikan kebijakan percepatan pembangunan untuk kedua provinsi itu di Jayapura. Menurutnya dunia internasional mendukung kedaulatan wilayah Republik Indonesia dan tidak mendukung adanya separatisme. Namun, di sisi lain, dunia internasional juga meminta agar Pemerintah Indonesia konsisten melaksanakan Undang-Undang Otonomi Khusus bagi Papua serta tidak melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

Selain dinilai memiliki komitmen kuat untuk membangun Papua, Bambang menilai bahwa Presiden akan terbantu dengan UP4B dalam mewujudkan program-program percepatan pembangunan itu, antara lain dalam bidang ketahanan pangan, pembangunan infrastruktur dasar, penanggulangan kemiskinan, pengembangan ekonomi rakyat di kampung-kampung, dan membangun komunikasi konstruktif

Tidak lain dari tujuan tersebut adalah mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat Papua. Indikator dari kesejahteraan itu, tutur Bambang Darmono, adalah adanya rasa aman dan nyaman sebagai manusia.

Masalah di papua memang mempunyai kadar kompleksitas yang tinggi. Namun demikian kita harus mendukung seluruh upaya yang dilakukan Pemerintah, agar setiap aspirasi dan keingin masyarakat disana terpenuhi. Dan tidak adanya lagi kasus kekerasan yang selama ini selalu merebak menimpa warga Papua.

Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami