Jessica Joy Rees, Kanker Otak Tak Surutkan Langkah Berkarya

Internasional / 10 January 2012

Kalangan Sendiri

Jessica Joy Rees, Kanker Otak Tak Surutkan Langkah Berkarya

Lestari99 Official Writer
4347

Jessica Joy Rees (12), bocah perempuan asal California Selatan penderita kanker otak telah meninggal dunia pada Kamis (5/1) lalu. Namun gadis ini menjadi terkenal ke seantero negeri karena ia menceritakan perjuangannya melawan kanker otak melalui sebuah blog yang mendatangkan simpati dari banyak pihak.

Keluarga Jessica mengumumkan kematiannya pada laman facebook miliknya, menyatakan bahwa pertempuran selama 10 bulan melawan kaker otak telah berakhir. Puluhan ribu orang menanggapi postingan ini dengan memberikan komen yang menunjukkan ungkapan belasungkawa, doa dan mengklik tombol like. Sampai Jumat sore, tanggapan atas berita tersebut melebihi target yang dibuat keluarga Rees yaitu untuk mendapatkan 50 ribu like mewakili jumlah anak penderita kanker di Amerika Serikat.

Pelajar kelas 7 di Orange County yang biasa dipanggil “Jessie” oleh keluarga dan teman-temannya ini mulai menulis blog dan halaman facebook setelah didiagnosa menderita kanker otak yang tak bisa dioperasi pada Maret 2011. Tumor kedua kembali ditemukan pada September lalu.

Beberapa postingannya menceritakan perjuangannya saat ia harus menjalani perawatan radiasi dan kemoterapi. Selain itu ia juga mendesak para pembaca dari seluruh dunia untuk mendukung penelitian terhadap kanker pediatrik dan berdoa bagi anak-anak penderita kanker. Jessica selalu menandai setiap akhir postingannya dengan “NEGU”, yang merupkaan singkatan dari Never Ever Give Up.

Jessica dan orangtuanya juga mendirikan The NEGU Foundation, sebuah organisasi non profit, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kanker pediatrik, memberikan dukungan kepada para penderita kanker dan mengumpulkan uang untuk penelitian kanker pada anak. Yayasan ini juga menjual dan mendistribusikan ribuan “JoyJars”, toples berisi permen dan mainan bagi anak-anak yang dirawat di rumah sakit. Menurut situs NEGU, lebih dari 3.000 “JoyJars” telah terjual dan didistribusikan ke 27 negara sepanjang tahun lalu.

Setelah didiagnosa menderita kanker, anak dari Erik Rees, seorang pendeta di Gereja Saddleback di Lake Forest, dengan Rancho Santa Margarita ini menerima tiket untuk menonton pertunjukan televisi “American Idol”. Jessica datang dengan membawa spanduk-spanduk bertuliskan “NEGU Casey” untuk memberikan dukungannya pada kontestan American Idol, Casey Adams, yang juga merupakan warga Orange County. Host American Idols, Ryan Seacrest, mengizinkan Jessica untuk memanggil penyanyi country yang akhirnya menjadi pemenang American Idols, Scott McCreery.

Jessica menulis di laman facebook bahwa misi yang dimilikinya adalah untuk “mendorong anak-anak yang sedang berjuang melawan kanker untuk jangan pernah menyerah dengan menyebarkan harapan, kegembiraan dan cinta. Hati yang gembira adalah obat yang hebat.”

Sebuah pesan luar biasa yang berasal dari seorang anak penderita kanker otak. Secara manusia, penyakit yang dideritanya sangat berat untuk ditanggung oleh orang dewasa, apalagi oleh seorang anak perempuan seperti dirinya. Namun Jessica tak kenal menyerah. Baginya, menderita kanker otak bukanlah akhir dari segalanya. Dengan apa yang dimilikinya, sampai ajal menjemput, ia berhasil memotivasi ribuan anak-anak dan orang dewasa untuk tidak pernah menyerah melalui tantangan kehidupan.

Sumber : Berbagai Sumber / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami