Kiat Esemka Dipertontonkan di Rumah Dinas Jokowi

Nasional / 9 January 2012

Kalangan Sendiri

Kiat Esemka Dipertontonkan di Rumah Dinas Jokowi

Lois Official Writer
2094

Pada hari Minggu (8/1) kemarin, rumah dinas walikota Joko Widodo dijadikan showroom dadakan. Pasalnya, empat unit mobil Kiat Esemka dipertontonkan kepada masyarakat yang tengah beraktivitas. Mobil Kiat Esemka yang dipamerkan adalah tiga sport utility vehicle (SUV) dan satu dobel kabin. Semuanya dipajang di depan rumah dinas Walikota Surakarta Joko Widodo.

Rasa ingin tahu masyarakat Solo terhadap mobil Kiat Esemka ini pun terpenuhi. Warga antusias melihat Kiat Esemka ini dari dekat. Satu mobil dikelilingi belasan orang yang tertarik ingin melihat interior ataupun mesinnya. Beberapa ada yang mencoba masuk ke dalam kabin penumpang bahkan ada yang menghidupkan mesin. Ada pula yang penasaran dengan bodi mobil, lantas mengetuk-ngetuknya untuk memastikan bodi mobil kokoh.

Menurut salah seorang warga, Daniel, mobil Kiat Esemka sudah bagus. “Untuk ukuran mobil rakitan siswa SMK sudah sangat bagus,” katanya kepada Tempo, Minggu (8/1). Namun, masih ada kekurangan kecil yang menurutnya cukup mengganggu. Kursi pengemudi yang terlalu rendah, menurutnya hal itu membuat pengemudinya akan merasa kurang nyaman. Jarak antara pengemudi dan setir pun terlalu dekat. Hal ini akan merepotkan.

Jika kekurangan di atas dibenahi, dia memperkirakan Kiat Esemka akan laris manis di pasaran. “Kalau kualitas Kiat Esemka sama seperti mobil buatan negara lain, saya pasti pilih Kiat Esemka yang buatan negeri sendiri,” ucap mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo itu. “Tapi saya maklum. Namanya juga dikerjakan manual dan oleh anak-anak SMK,” ujarnya.

Meskipun ada berita miring mengenai hasil karya anak SMK Solo ini namun kita patut berbangga hati karena mereka, yang masih muda, sudah mampu menghasilkan mobil yang terbilang lumayan. Meski ada beberapa kekurangan di sana sini, namun hal itu memang bisa dimaklumi. Kita harus terus berkarya dan Indonesia akan penuh dengan orang-orang yang hebat dan membanggakan.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami