Uskup Menikah Jadi Kepala Ordinariat Anglikan

Internasional / 9 January 2012

Kalangan Sendiri

Uskup Menikah Jadi Kepala Ordinariat Anglikan

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
5254

Apa jadinya jika seorang uskup akhirnya memutuskan untuk menikah dan berkeluarga? Awal tahun kemarin (1/1), Vatikan mengumumumkan secara resmi pembentukan Ordinariat Amerika bagi mantan penganut Anglikan yang ingin menjadi Katolik. Ordinariat ini sejajar dengan keuskupan dan berpusat di Paroki Houston. Yang membuat unik, Paus menunjuk Romo Jeffrey N. Steenson, mantan uskup Rio Grande, yang saat ini masih menikah untuk memimpin Ordinariat ini.

Romo Steenson tidak bisa ditahbiskan menjadi uskup dan tidak bisa mentahbiskan imam, namun ia tetap berfungsi sebagai uskup dan mempunyai hak pilih dalam konferensi Uskup Amerika. “Bukan merupakan hal negatif jika saya berbalik ke Gereja Katolik. Saya justru merasa bahwa Tuhan bersabda:  inilah saatnya”, ucap romo Steenson seperti dikutip dari sesawi.net, Senin (2/1).

Pembentukan Ordinariat ini disambut positif, lebih dari 100 mantan imam Anglikan telah mendaftar menjadi imam Katolik dan 1.400 orang dari 22 komunitas pun ikut bergabung dalam Ordinariat ini.

Gereja Anglikan atau disebut juga Gereja Inggris merupakan salah satu gereja hasil reformasi (Protestan) namun beberapa jemaatnya beribadah lebih mirip dengan Gereja Katolik Roma dibandingkan dengan kebanyakan Gereja Protestan. Pemimpin tertinggi gereja ini adalah Raja dan Ratu Inggris, namun pada prakteknya uskup yang memegang administrasi gereja.

Pilihannya untuk tidak hidup selibat tidak membuat romo Steenson berhenti untuk melayani Tuhan di gereja Katolik. Dengan keahlihannya, dia tetap bisa mendedikasikan hidupnya untuk melayani umat Katolik dan menjadi berkat bagi sesama.

Sumber : sesawi/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami