Ikhwanul Muslimin Hadiri Natal Kristen Koptik Mesir

Internasional / 9 January 2012

Kalangan Sendiri

Ikhwanul Muslimin Hadiri Natal Kristen Koptik Mesir

daniel.tanamal Official Writer
3577

Organisasi Ikhwanul Muslimin Mesir menepati janjinya untuk melindungi dan menghadiri perayaan Natal Koptik Mesir. Hal itu terwujud ketika organisasi besar yang dipastikan akan menguasai Negeri Firaun itu itu menghadiri secara langsung perayaan Natal di Katedral Abbasea, Kairo 7 Januari kemarin.

Dirilis media massa setempat, Minggu (8/1) para petinggi Ikhwanul Muslimin Mesir yang datang adalah Wakil Pemimpin Tertinggi (Mursyid) Ikhwanul Muslim Mahmoud Ezzat dan Ketua Partai Hurriyah Wal. "Ini pertama kali gereja Koptik secara resmi mengundang Ikhwanul Muslimin dan dihadiri para petinggi organisasi Islam berpengaruh di Mesir tersebut," tulis surat kabar Al Ahram seperti dirilis metrotvnews.com.

Dikabarkan pada perayaan itu Para petinggi Ikhwanul Muslimin itu datang untuk menyampaikan selamat kepada Pemimpin Tertinggi Gereja Koptik, Paus Shenouda II. Sebelumnya, Syeikh Agung Al Azhar, Prof Dr Ahmed At Tayyib telah menyampaikan ucapan selamat kepada Shenouda II atas perayaan Natal, yang oleh warga setempat dijuluki "Idul Majid (Hari Agung)".

Keamanan pada Natal Koptik-Ortodoks 7 Januari (sesuai dengan kalender Julius, yang memastikan kelahiran Yesus Kristus jatuh pada 7 Januari tahun ke-6 sebelum Masehi) itu berlangsung aman. Organisasi pemuda Ikhwanul Muslimin, Syubbanul Muslimin bekerja sama dengan pihak keamanan setempat turut mengamankan pelaksanaan Natal di seantero negara itu.

Pengawalan gereja pada perayaan Natal itu sendiri memang telah lama direncanakan untuk mencegah serangan bom oleh kelompok teroris yang pernah melancarkannya pada Natal tahun lalu di salah satu gereja di Iskandariyah, kota wisata pesisir laut Tengah (221 kilometer utara Kairo).

Kearifan lokal dapat dipancarkan melalui para pemimpin agama yang menebar toleransi melalui silaturahmi nasional saat hari raya keagamaan tiba. Dengan demikian para umat pun pasti akan mengikutinya. Satu hal yang sedang terus diretas dibumi Indonesia.

Sumber : metrotvnews.com - niello
Halaman :
1

Ikuti Kami