Ilmuwan Berharap Temukan Planet Kembaran Bumi di 2012

Nasional / 1 January 2012

Kalangan Sendiri

Ilmuwan Berharap Temukan Planet Kembaran Bumi di 2012

daniel.tanamal Official Writer
3473

Dunia antariksa memang menemui berbagai penemuan yang gemilang sepanjang 2011 lalu. Termasuk ditemukannya beberapa planet yang mempunyai kemiripan dengan bumi. Dan tetu saja berharap dapat dijadikan tempat tingga untuk manusia kedepannya.

Untuk itulah para ilmuwan berharap bahwa sukses di tahun ini dapat berlanjut pada 2012 ini. Dimana penemuan planet kembaran bumi diharapkan bakal terjadi. Tahun 2011, penghitungan eksoplanet dikonfirmasi melampaui 700 ditambah dengan temuan ribuan planet oleh teleskop Kepler milik NASA yang masih perlu diverifikasi. "Itulah sesuatu yang saya benar-benar harapkan untuk terjadi pada tahun depan," ujarnya.

Untuk bulan ini, para ilmuwan Kepler mengumumkan dua planet pertama seukuran Bumi dengan zona yang bisa dihuni karena jarak dengan bintangnya memungkinkan air (dan mungkin kehidupan seperti yang kita ketahui itu) bisa ada. "Saya menduga bahwa katalog planet berikutnya kita akan melihat, akhirnya, beberapa planet yang benar-benar seukuran Bumi dan layak menjadi tempat tinggal," kata Natalie Batalha, wakil pemimpin tim sains
Kepler di Ames Research Center milik NASA di Moffett Field, California.

Penemuan-penemuan itu sendiri menunjukkan bahwa terdapat tambang berharga bagi pemburu planet ekstrasurya yang melimpah. Bahkan, planet yang akan menghebohkan akan menjadi rilis berikut Keppler pada 2012.

Satu hal yang harus diingat lagi adalah, bagaimana peran kita untuk memaksimalkan menjaga dan merawat bumi yang kita pijak ini. Agar setiap penemuan bumi lainnya yang mungkin akan ditemukan tidak membuat kepedulian kita berkurang. Ekspektasi besar kita haruslah dengan bagaimana menjaga kelangsungan hidup di bumi ini.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami