Planet-Planet Mirip Bumi yang Bisa Ditinggali (1/2)

Nasional / 1 January 2012

Kalangan Sendiri

Planet-Planet Mirip Bumi yang Bisa Ditinggali (1/2)

Lois Official Writer
2781

Sungguh mengejutkan, namun ilmuwan NASA mengaku telah menemukan bumi baru yang mungkin bisa didiami oleh manusia. Tim peneliti dari Badan Antariksa AS ini mendapati planet lain yang berotasi cukup dekat dengan mataharinya, di orbit yang berpotensi mendukung kehidupan. “Temuan ini mendukung keyakinan kita bahwa kita tinggal di alam semesta yang penuh dengan kehidupan,” kata Alan Boss, astrofisikawan dari Carnegie Melon University, seperti dikutip laman Space beberapa waktu yang lalu.

Planet yang diberi nama Kepler-22b itu memiliki ukuran 2.4 kali ukuran bumi dan jaraknya 600 tahun cahaya dari kita. Planet itu mengorbit di ‘habitable’ zone’ atau kawasan di ruang angkasa yang cukup jauh dari mataharinya dimana air bisa hadir di permukaan tanpa menguap.

Bintang yang menjadi matahari bagi planet tersebut berjarak 600 tahun cahaya, pancarannya 25 persen lebih redup dibanding matahari kita. Namun jarak ini cukup dekat untuk menghadirkan temperature yang hangat dan menyenangkan di permukaannya. Di temperature itu, air dalam bentuk cair yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan bisa hadir. Artinya, planet ini bukan saja bisa dihuni, tetapi bisa juga berpenghuni.

Para ahli belakangan ini kian gencar memecahkan misteri alam semesta. Penjelajahan alam semesta dilakukan dengan banyak cara, dari telaah teoritis hingga pembuktian dengan memakai teleskop canggih.

Penemuan planet ini membuat kita menyadari betapa banyaknya planet-planet di luar sana yang belum kita ketahui, yang mungkin saja ada kehidupan di dalamnya ataupun tidak, kita belum tahu. Satu hal yang pasti, si Pembuatnya itu sungguh luar biasa. Selamat Tahun Baru 2012!

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami