Tahun Baru, Gereja Anglikan Bergabung Dengan Katolik Roma

Internasional / 1 January 2012

Kalangan Sendiri

Tahun Baru, Gereja Anglikan Bergabung Dengan Katolik Roma

Puji Astuti Official Writer
8157

Memasuki tahun baru, setiap orang memulai lembaran baru kehidupannya. Namun di tahun yang baru ini, tepatnya 1 Januari 2012 merupakan sebuah tonggak bersejarah bagi Gereja Roma Katolik dan  Gereja Anglikan. Pasalnya pada tahun 2012 ini, Gereja Anglikan secara resmi kembali bergabung dengan Gereja Katolik Roma.

Gereja Anglikan adalah gereja yang berada di bawah Kerajaan Inggris. Pada abad ke 16 Raja Henry VIII memutuskan untuk gereja Inggris memisahkan diri dari Vatikan. Awalnya kedua gereja itu memiliki dokrin dan liturgy yang identik, namun lambat laun Gereja Anglikan melakukan beberapa perubahan.

Setelah melakukan pemungutan suara, Gereja anglikan yang berada di Amerika memutuskan untuk keluar dari denominasinya dan mempertimbangkan kembali ke Katolik. Mereka sebelumnya juga menyebut diri mereka sebagai jemaat Anglo-Katolik.

“Tidak banyak perubahan. Sebagai paroki Anglo-Katolik kita menerima dengan beberapa pengecualian, atas semua pengajaran Katolik,” demikian jelas Bapa Mark Lewis dari Paroki St. Luke, Bladensburg, Maryland.

Gereja Anglikan mengalami goncangan dan banyak gereja-gereja dibawahnya yang memutuskan keluar atau bergabung dengan gereja lain setelah gereja tersebut membuat keputusan-keputusan yang mengagetkan seperti mentasbihkan perempuan sebagai pendeta dan memberikan toleransi terhadap homoseksualitas.

Sumber : Christian Post | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami