Madura Diguncang Konflik Antara Syiah dan Sunni

Nasional / 29 December 2011

Kalangan Sendiri

Madura Diguncang Konflik Antara Syiah dan Sunni

Puji Astuti Official Writer
2737

Di Pulau Madura, tepatnya di Desa Karang Gayam, Sampang terjadi pembakaran sebuah madrasah, mushola dan dua rumah milik pemimpin  dan penasihat umat Islam aliran Syiah pada Kamis, (29/12) pagi. Pembakaran tersebut dilakukan oleh kelompok Sunni yang menganggap kelompok Syiah sebagai aliran sesat.

Kejadian pembakaran tersebut ternyata adalah peristiwa kedua selama bulan Desember 2011. Sebelumnya pada Sabtu (17/12) lalu sebuah ruma milik pengikut aliran Syiah di bakar massa.

Saat ini kondisi Desa Karang Gayam masih mencekam, dan sekitar 150 orang pengikut Syiah telah di evakuasi oleh pihak kepolisian ke tempat yang aman.

"Ada sekitar 300 personel yang telah kami terjunkan ke lokasi," demikian pernyataan Kepala Bagian Operasional Polres Sampang, Kompol Danuri yang dikutip AntaraNews.com.

Menurut keterangan Bupati Sampang, Noer Tjahja konflik ini sebenarnya berakar dari masalah perebutan santri antara dua kelompok yang sebenarnya pemimpinnya masih kakak beradik.

Kejadian di Sampang, Madura ini sungguh memprihatinkan. Terlebih konflik ini mengatasnamakan agama, bahkan para pemuka agama yang terlibat ini masih bersaudara. Mari doakan agar konflik ini dapat diselesaikan dengan baik dan semoga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Sumber : AntaraNews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami