Robin Lim, Ibu yang Menjadi Pahlawan Bagi Ribuan Bayi (1/2)

Nasional / 29 December 2011

Kalangan Sendiri

Robin Lim, Ibu yang Menjadi Pahlawan Bagi Ribuan Bayi (1/2)

Lois Official Writer
2134

Robin Lim, seorang wanita Amerika yang telah menolong ribuan wanita miskin di Indonesia untuk dapat melahirkan dengan sehat, menjadi Pahlawan 2011 Versi CNN. Melalui yayasannya yang bernama Yayasan Bumi Sehat, Ibu Robin, panggilannya di Indonesia, membantu kelahiran bagi ibu-ibu dengan menawarkan layanan kesehatan bagi mereka, membantu kelahiran dan memberikan obat yang diperlukan, di saat banyak keluarga lain tak mampu membelinya.

“Setiap bayi yang menghirup udara di bumi ini harus mendapatkan kedamaian dan cinta. Setiap ibu yang hamil haruslah sehat dan kuat. Setiap kelahiran haruslah selamat dan dicintai. Tapi hal itu belum terwujud di dunia kita,” katanya saat acara “CNN Heroes : An All-Star Tribute” yang mengambil tempat di Shrine Auditorium, Los Angeles.

Banyak wanita yang masih belum mendapatkan produk kontrasepsi ataupun perawatan bagi ibu. Menurut United Nations Population Fund, tiga dari lima wanita yang melahirkan di Asia Selatan melahirkan tanpa didampingi oleh orang yang ahli di bidang tersebut.

Di Indonesia, rata-rata setiap keluarga berpenghasilan US$8 (sekitar Rp 72 ribu) setiap hari, menurut International Monetary Fund. Tapi biaya untuk dapat melahirkan biasanya berkisar $70 (sekitar Rp 630 ribu) di sebuah rumah sakit dan jika melakukan operasi untuk melahirkan berkisar $700 (sekitar Rp 6,3 juta). Lim melihat bahwa di Indonesia ada begitu banyak hal yang belum dijangkau buat ibu-ibu yang melahirkan, begitu juga untuk bayinya karena masalah ekonomi ini.

“Situasinya buruk, bayi-bayi tanpa perawatan, prosedur melahirkan yang dikomersilkan, dan ibu-ibu yang meninggal karena pendarahan setelah kelahiran bayinya dan tidak punya cukup uang untuk dirawat secara layak,” katanya.

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia ini, kita pun bisa memberikan tenaga yang kita punya ataupun talenta atau segala yang ada untuk kebaikan bangsa ini. Jika Robin Lim, seorang Amerika dapat melihat dan berkorban seperti itu untuk Indonesia, apalagi kita sebagai warga negara Indonesia.

Sumber : cnn/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami