Ramalan 2012 : Apple Dan Android Rebut Posisi RIM

Nasional / 26 December 2011

Kalangan Sendiri

Ramalan 2012 : Apple Dan Android Rebut Posisi RIM

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
1966

Pada masa kejayaannya,  Research In Motion (RIM) mampu menguasai 44 perse pasar smartphone di Amerika Serikat (AS), mengalahkan pesaingnya Apple dan Android. Namun saat ini posisinya turun dan harus puas dengan perolehan pasar 25 persen.

Kerugian RIM karena penjualan Blackberry PlayBook yang buruk, disebut-sebut sebagai prediksi bahwa RIM tidak akan eksis lagi di tahun 2012. Sejak diluncurkan kuartal I 2011, penjualan Blackberry PlayBook terus menerus turun hingga kerugian RIM ditafsir mencapai 485 juta US Dollar.

Selain buruknya angka penjualan Blackberry PlayBook, penundaan RIM untuk meluncurkan sistem operasi terbarunya yang diberi nama BB10 sampai akhir 2012, juga diprediksi akan membuat RIM kalah pamor dibanding pesaingnya  Android dan Apple.

Laba RIM hingga kuartal III-2011 anjlok 71 persen (dari tahun ke tahun) dari 911,1 juta dollar AS menjadi 265 juta dollar AS.

Menurut analisis ThinkEquity, Mark McKechnie, RIM sebaiknya melepas bisnis perangkat keras serta membuka sistem dan jaringan Blackberry untuk smartphone dari vendor lain.  "Jika mereka ingin mempertahankan aset, mereka perlu membuka Blackberry ke platform lain dan melihat diri mereka sebagai sebuah perusahaan perangkat lunak," kata McKechnie, seperti dikutip dari Reuters.

Sumber : kompas/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami