1/3 Penduduk Bumi Adalah Orang Kristen

Internasional / 21 December 2011

Kalangan Sendiri

1/3 Penduduk Bumi Adalah Orang Kristen

Lestari99 Official Writer
4954

Jumlah orang Kristen di seluruh dunia mencapai 2,18 miliar atau hampir 1/3 dari populasi bumi yang diperkirakan 6,9 miliar. Hasil ini dirilis pada Senin (19/12) oleh Pew Research Center, sebuah studi penelitian besar di Amerika Serikat.

Proporsi populasi orang Kristen seperti ini sama dengan 100 tahun yang lalu, hanya saja saat itu populasi orang Kristen merata di Eropa. Sedangkan saat ini tersebar luas di seluruh dunia. Populasi Kristen terbesar di dunia dipegang oleh Amerika Serikat, Brasil dan Meksiko. Di Eropa, Rusia menjadi penganut Kristen terbesar. Di Asia pasifik tercatat Filipina dan di benua Afrika, Nigeria memiliki populasi Kristen terbesar.

Dalam ringkasan laporan eksklusifnya ‘Kekristenan Global’, Pew Research Center menuliskan, “Tidak seperti satu abad yang lalu, Kekristenan hari ini benar-benar menjadi kepercayaan yang mendunia.”

Menurut peneliatian ini, setengah dari populasi Kristen adalah penganut Katolik, 36,7 persen Protestan dan 11,9 persen Ortodoks. Hampir 37 persen tinggal di Amerika Utara dan Selatan, 26 persen di Eropa, sementara 23,6 persen di Sahara Afrika dan 13,1 persen di Asia Pasifik. Hanya 0,6 persen di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Temuan hasil studi ini diposting di situs Pew Research Center (www.pewforum.org). Studi ini didasarkan pada analisis negara per negara dari sekitar 2.400 sumber data, termasuk sensus dan survei penduduk.

Dalam sebuah laporan di awal tahun ini, Pew Research Center memperkirakan populasi Muslim dunia mencapai 1,6 miliar. Angka ini diproyeksikan tumbuh sekitar 35 persen, sehingga akan menjadi 2,2 miliar di tahun 2030.

Sebagai orang Kristen, di satu sisi kita harus tetap bersyukur karena jumlah ini menunjukkan akan besarnya penjagaan Tuhan bagi umat-Nya di dunia. Namun di sisi lain, sebagai orang Kristen kita tidak boleh berbangga dengan jumlah. Karena yang terlebih penting bukanlah ‘status’ kekristenan kita namun bagaimana kita menjalani kehidupan ini seturut dengan ajaran Kristus.

Sumber : suarapembaruan
Halaman :
1

Ikuti Kami