Bila Berteman Bahkan Pacaran dengan Penderita Down Syndrome

Bila Berteman Bahkan Pacaran dengan Penderita Down Syndrome

Lois Official Writer
6424

Di dalam hidup ini, ada berbagai macam manusia dengan kelebihan dan kekurangannya. Ada yang lahir sempurna, namun ada juga yang tidak. Kali ini, kita akan mengangkat tentang down syndrome. Down syndrome (DS) adalah kelainan genetik pada gen yang disebut trisomy genetic 21 dimana kromosom dalam tubuh seseorang lebih banyak dari orang pada umumnya. Lalu, bagaimanakah sikap mereka sebagai seorang pribadi sebenarnya? Inilah pengalaman Ira McClendon, ibu Cody McClendon, pemeran utama dalam film ‘Langit Biru’.

Penderita Down Syndrome Bisa Hidup Normal

Ketika sudah remaja atau dewasa, para penderita DS juga mengalami perubahan bentuk tubuh. Tubuh mereka berkembang seperti layaknya orang pada umumnya. Hal ini juga menjadikan hormon-hormon mereka juga berkembang. Hal ini tentu saja membuat mereka juga merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain seperti datang bulan (untuk wanita), lebih peka terhadap rangsangan dan lain sebagainya.

Mereka Bisa Mencintai dan Layak untuk Dicintai

Mereka juga bisa merasakan yang namanya jatuh cinta dan biasanya selalu mengatakannya terus terang kepada orang yang dicintai. Ini membuktikan betapa normalnya mereka. “Mereka adalah seorang yang sempurna di hadapan Tuhan yang terkungkung untuk sementara dalam tubuh yang kurang sempurna,” itulah ungkapan Ibu Ira, ibu dari Holy, salah satu penderita DS.

Mereka Bisa Jadi Teman yang Mengasyikkan

Mereka mudah mengampuni, bahkan tak pernah menyimpan kesalahan kita. Ketika ada permasalahan datang di antara pertemanan itu, ada kalanya kita bisa keras kepada mereka. Namun, bahkan ketika kita yang salah sekalipun, mereka akan dengan mudah mengucapkan kata maaf. Hal ini dikarenakan mereka memang adalah orang yang lembut dan pemaaf.

Karena itu, justru di balik kelemahan tubuh mereka, Tuhan memberikan kepada mereka hati yang lembut dan sikap yang sederhana yang mampu menyentuh hati siapa saja. Mereka tidak pantas dicemooh, mereka tidak pantas diberikan pandangan menghina ataupun belas kasihan yang berlebihan. Berikan mereka persahabatan, maka persahabatan itu akan abadi selamanya. Berikan mereka cinta, maka cinta itu akan dibalas berlipat kali ganda.

Sumber : ira mcclendon/lh3

Ikuti Kami