Takut Gunung Sindoro Meletus, Warga yang Ngungsi Bertambah

Nasional / 13 December 2011

Kalangan Sendiri

Takut Gunung Sindoro Meletus, Warga yang Ngungsi Bertambah

Lois Official Writer
2593

Aktivitas kegempaan Gunung Sindoro di perbatasan Kabupaten Temanggung-Wonosobo, Jawa Tengah menunjukkan penurunan. Namun, diprediksi energi gunung tersebut sudah berada di permukaan, hal itu ditandai dengan munculnya gempa tremor pada hari Senin (12/12) kemarin.

Meski aktivitas gempa menurun, namun jumlah warga dari Dusun Gondangan, Desa Watukumpul, Kecamatan Parakan, Temanggung yang letaknya dekat dengan gunung tersebut, makin banyak yang mengungsi. Mereka ketakutan jika gunung tersebut meletus. Dusun yang dihuni oleh 77 KK ini, hingga Senin (12/12) tercatat ada sekitar 59 jiwa dalam 13 KK yang pergi mengungsi.

Pengamatan dari Pos Desa Gentingsari pada Minggu (11/12) pukul 00.00 – 24.00 WIB, Gunung Sindoro tampak separuh. Sebagian tubuh gunung tertutup kabut. Sedangkan suhu di post 26-28 derajat celcius. Sementara itu, data seismik menunjukkan ada lima kali aktivitas gempa vulkanik dalam (Va), lima kali gempa vulkanik dangkal (Vb), 14 kali hembusan (H), dan satu kali gempa tremor (Tr).

Ketakutan masyarakat yang tinggalnya di sekitar gunung tersebut beralasan. Adalah lebih baik mencegah lebih dahulu, jangan sampai terlambat. Sampai saat ini, kita harapkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian alam ini.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami