Bakar Diri Sondang Cermin Nasib HAM yang Mengambang

Internasional / 13 December 2011

Kalangan Sendiri

Bakar Diri Sondang Cermin Nasib HAM yang Mengambang

daniel.tanamal Official Writer
4284

Sedih rasanya mendengar Sondang Hutagalung, seorang Mahasiswa berusia 22 tahun melakukan aksi bakar diri di depan Istana Negara, Rabu (7/12). Meski sempat tertolong, Sondang meninggal dunia empat hari berselang dihantar keluarga, ratusan kawan seperjuangan dan beribu pertanyaan masyarakat menuju peristirahatan terakhirnya di Timur Jakarta.

Lebih sedih lagi melihat respons masyarakat. Banyak yang menyayangkan aksi tersebut, ada yang memuji sebagai tindakan patriotisme, segelintir mencibirnya sebagai tindakan sia-sia, namun lebih banyak yang apatis menyebut aksi tersebut sebagai “belum diketahui motifnya.”

Haruskah lagi mencari “motifnya” dikala aksi bakar diri itu dilakukan tepat pada Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional dan didepan bangunan pusat kekuasaan republik ini? Atau kurang cukupkah mengetahui bahwa pelaku adalah seorang pegiat HAM yang sering mengikuti aksi demonstrasi dan teatrikal untuk menunjukan ketertindasan masyarakat Indonesia akibat sistem yang menjerat?

Ya, semua kenyataan ini berhasil dibuka oleh Sondang, bahwa HAM di Indonesia tidak pernah diprioritaskan penyelesaiannya oleh pemerintah, mirisnya masyarakatpun seakan tak mau perduli, sibuk dengan kehidupan sendiri. Media pun kini secara tidak sadar menutup suara HAM melalui representasi bakar diri Sondang dengan kemilaunya kasus Nunun Nurbaeti ataupun skandal korupsi Century.

Padahal, pesannya cukup jelas! HAM di Indonesia bagaikan membakar diri sendiri akibat acuhnya pemerintah dan apatisnya sebagian besar masyarakat modern yang cenderung individualistis. Sama seperti Sondang yang sendirian ketika melakukan aksinya, bahkan sepi dari bidikan kamera media saat itu yang biasanya sigap mendokumentasikan berbagai kejadian, demikian juga yang terjadi dengan HAM di Indonesia, termenung dalam kesendirian, mencari keadilan ditengah lingkar labirin yang kelam.

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami