Pelaku Bakar Diri Diberi Gelar Sarjana Kehormatan

Nasional / 12 December 2011

Kalangan Sendiri

Pelaku Bakar Diri Diberi Gelar Sarjana Kehormatan

daniel.tanamal Official Writer
3586

Sondang Hutagalung, mahasiswa pelaku bakar diri yang melakukan aksi nekatnya di Istana Negara dan menghembuskan nafas kemarin Sabtu (10/12), mendapat gelar gelar Sarjana Kehormatan dari universitasnya Universitas Bung Karno (UBK).

"Karena Sondang bukan militer, jadi kita berikan gelar Sarjana Kehormatan karena dia dinobatkan sebagai patriot. Banyak aspirasi yang kita terima, untuk memberinya penghargaan secara sosial," terang Ketua Dewan Kurator UBK (UBK), Rahmawati Soekarnoputri.

Putri proklamator Soekarno ini juga mengungkapkan bahwa dimatanya, Sondang adalah mahasiswa yang cerdas sekaligus aktivis kampus, namun tidak ugal-ugalan. "Dia dasarnya jelas, anak yang cerdas dan tidak ugal-ugalan. Dia sudah skripsi, dan belum sempat diwisuda," tambahnya.

Budiman Sujatmiko, ‎​Anggota Komisi II DPR RI dan politisi PDI-Perjuangan juga berharap tidak akan ada lagi aksi baker diri seperti yang Sondang lakukan.. "Pemerintah harus bisa menangkap pesan ini, Sondang harus jadi yang pertama dan terakhir. Jangan ada lagi Sondang-sondang yang berikutnya," tegasnya saat menghadiri pemakaman Sondang di TPU Pondok Kelapa, Jaktim Minggu (11/12).

Sondang meninggal setelah menjalani perawatan selama empat hari di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Dirinya mengalami luka baker parah lebih dari 90 persen. Mahasiswa angkatan 2007 UBK itu dimakamkan di tempat pemakaman umum Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, siang tadi.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami