Dokter Asal Swiss Jadi Terang Buat Indonesia

Internasional / 11 December 2011

Kalangan Sendiri

Dokter Asal Swiss Jadi Terang Buat Indonesia

Lois Official Writer
3256

Siapa bilang, kita tidak bisa jadi terang di tengah dunia? Ada banyak jenis terang yang bisa kita buat, tergantung dari talenta dan ide yang ada pada diri kita. Contoh nyata adalah apa yang dilakukan oleh seorang doctor teologi asal Swiss, mantan aktivis dari LSM Mission 21 Dr. Theol h.c. Marie-Claire Barth ini. Atas jasanya mendedikasikan hidupnya bagi kemajuan masyarakat di Indonesia, khususnya untuk kemajuan gereja, Dr. Barth menerima gelar doctor dari Fakultas Teologi, Universitas Basel, Swiss.

Presentasinya mengenai ‘Prostestant Theology in Indonesia’ ini menyoroti pentingnya peran perempuan dalam membangun komunikasi dan saling pengertian dalam masyarakat majemuk di Indonesia yang memiliki pluralisme budaya dan agama. Hal ini didorong peran perempuan sebagai ibu yang menginginkan masa depan yang cerah bagi anak-anaknya. Dr. Barth juga menegaskan pentingnya Missio Dei, dimana setiap umat kristiani harus menjaga kehidupannya sebagai manusia di dalam perdamaian dan keadilan, sambil memelihara lingkungan hidup.

Karena jasanya tersebut, Dubes RI, Taufiq Rodhy di Bern pun menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan atas dedikasi Dr. Barth untuk kemajuan Indonesia. Rodhy pun menyampaikan penghargaan atas jasa Mission 21 di Indonesia, yang telah melakukan berbagai proyek kemanusiaan di Indonesia sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Proyek itu antara lain penyediaan air bersih, proyek pendidikan dan pelatihan untuk pemuda dan masyarakat pedesaan serta membantu meningkatkan kesejahteraan dan swasembada masyarakat Indonesia, terutama di pedesaan.

Ketika kita bersungguh-sungguh untuk menyatakan terang ke dalam dunia, maka dunia pun akan merasakan terang itu. Sekalipun, misalnya mereka tidak mau menerima bahkan menganiaya kita, tapi kita harus tetap menyatakan kasih. Kasih bisa membuat segalanya baik. Mari kita mulai memakai apa yang ada pada kita untuk kemuliaan Tuhan.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami