Akhirnya Don Bosco Terima Siswa yang Ayahnya ODHA

Nasional / 6 December 2011

Kalangan Sendiri

Akhirnya Don Bosco Terima Siswa yang Ayahnya ODHA

daniel.tanamal Official Writer
2833

Usai kebijakan lebih lanjut dengan proses mediasi, akhirnya SD Don Bosco Kelapa Gading memperbolehkan seorang siswa yang ayahnya adalah ODHA untuk kembali mengikuti proses penerimaan siswa di sekolah swasta itu.

Keputusan itu keluar setelah Yayasan Panca Dharma, yang membawahi SD Don Bosco, bertemu dengan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional dan orang tua Flora, Fajar Jasmin Sugandhi.

"Pihak yayasan dan orang tua sudah bersalaman, dengan begitu anak Pak Fajar dapat diterima di SD Don Bosco tanpa ada diskriminasi apapun," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional Nafsiah Mboi, Senin (5/12) seperti dirilis tempo.co.

Sebelumnya SD Don Bosco Kelapa Gading membatalkan proses penerimaan siswa bagi siswa yang ayahnya adalah ODHA. Menurut Nafsiah, alasan sekolah membatalkan Flora sebagai calon siswa karena ketidaktahuan mereka mengenai cara berinteraksi dengan orang yang terinfeksi HIV AIDS

Padahal seorang anak kecil, lanjut dia, tidak bisa menularkan virus HIV ke orang lain. Alasannya, penyebaran virus dilakukan melalui aktifitas seks, proses melahirkan, dan transfusi darah.

Yayasan Don Bosco sendiri telah membantah mendiskriminasi siswa tersebut. Sekolah mengaku tidak mempermasalahkan siswa dengan orang tua penderita HIV AIDS, selama anaknya tidak mengidap penyakit yang sama.

Disinilah seharusnya lembaga pendidikan lebih mengetahui perihal mengenai HIV/AIDS sehingga dimasa mendatang tidak terjadi kesalahan serupa. Karena bentuk lain dari penolakan terhadap penderita HIV/AIDS adalah bentuk diskriminasi sosial yang melanggar HAM.

Sumber : tempo.co - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami