Psikologi Anak: Buat Anak PD, Ajarkan Mereka Berteman

Psikologi Anak: Buat Anak PD, Ajarkan Mereka Berteman

Budhi Marpaung Official Writer
3324

Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa hidup tanpa orang lain. Kita harus berinteraksi dengan sesama kita manusia. Hal ini akan terus terjadi sampai dunia sudah tidak ada lagi.

Konsep ‘kebergantungan’ terhadap sesama manusia ini harus ditularkan kepada generasi selanjutnya (dalam hal ini anak, red). Mengapa? Jawabannya adalah karena jika tidak ini akan membuat mereka menjadi manusia individualistik dan sombong, bahkan dalam banyak kasus yang akan mereka yang tidak diajarkan untuk bersosialisasi bertumbuh menjadi manusia yang tidak percaya diri.

Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak tentang ‘manusia sebagai makhluk sosial’ adalah dengan memberi ruang untuk ia berteman dengan anak-anak seusianya sedari dini.

National Health Service dalam situs resminya menyatakan bahwa tidak ada kata terlalu cepat bagi anak untuk memulai perkawanan. Apalagi bila mereka adalah anak tunggal.

Saat bayi baru belajar merangkak sekalipun, orangtua bisa mulai bergabung dengan orangtua lain yang memiliki bayi seusia. Anda bisa berkenalan dengan orangtua lain saat berada di dokter anak. Anda juga bisa mencari rekan kerja atau kuliah yang sudah mempunyai anak dengan usia tak jauh berbeda.

Meski belum dapat berbicara, anak-anak tetap bisa berteman. Anak-anak tetap bisa menikmati saat mereka berada di dekat anak-anak lain.

Namun perlu diketahui, anak yang berusia 1,5 atau 2 tahun anak belum benar-benar bermain dengan anak sebayanya. Penyebabnya adalah mereka belum siap untuk melakukan pertemanan yang umumnya melibatkan kerja sama, mendengar, merespons, bergantian, dan berbagi. Yang baru bisa mereka nikmati adalah bermain dengan teman-teman yang ada di sekelilingnya.

Meski kemungkinan terjadi konflik akan cukup besar, tetapi nantinya itu akan membuat si anak belajar berbagi dan bekerja sama. Ketika menjelang usia tiga tahun, barulah ia dapat bermain dan berbagi dengan satu atau dua teman spesialnya selama beberapa waktu tanpa pertengkaran.

Sumber : Kompas Health/bm

Ikuti Kami