Sea Games 2011 : Suporter Tewas, Polisi dan Panitia Gelar Evaluasi

Nasional / 24 November 2011

Kalangan Sendiri

Sea Games 2011 : Suporter Tewas, Polisi dan Panitia Gelar Evaluasi

daniel.tanamal Official Writer
2572

Ricuh suporter yang mengakibatkan adanya dua korban jiwa yang melayang pada gelaran Sea Games 2011 di cabang sepakbola kala Final Indonesia kontra Malaysia Senin (21/11) lalu, langsung dibahas pada rapat bersama INASOC dangan Aparat Kepolisian Daerah Metro Jaya hari ini Kamis (24/11).

Rapat juga digelar untuk mengevaluasi pengamanan perhelatan akbar di Asia Tenggara itu yang berlangsung sejak tanggal 11-22 November 2011. "Jadi akan ada pertemuan hari ini dilaksanakan oleh pihak Biro Operasi Polda Metro Jaya dengan penyelenggara," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Baharudin Djafar di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Selain melibatkan INASOC, rapat tersebut juga akan dihadiri pengelola Stadion Gelora Bung Karno (GBK) juga unsur dari Pemda DKI Jakarta. Rapat rencananya dilangsungkan pada pukul 15.00 WIB di gedung Biro Operasi Polda Metro Jaya. "Semua unsur yang terlibat waktu itu, kita evaluasi apa yang perlu ditingkatkan," kata Baharudin.

Selain mengevaluasi kericuhan suporter, para stakeholder juga akan mengevaluasi terkait jatuhnya dua korban tewas. Para pihak akan menyelidiki kematian dua suporter tersebut. "Termasuk kita melihat apa penyebab meninggalnya suporter itu," kata dia.

Baharudin mengutarakan, pihaknya tidak menginginkan adanya korban tewas. Pihaknya bersama stakeholder akan membahas upaya pencegahan agar kasus tersebut tidak berulang. "Tidak ada yang mengharapkan (korban tewas), tapi bagaimana itu bisa terjadi, banyak yang harus kita tingkatkan untuk mencegah hal yang sama di masa depan," jelasnya.

Perlindungan dan keamanan terhadap masyarakat yang menyaksikan pertandingan harus diprioritaskan, ketimbang memberi penjagaan ketat terhadap pejabat yang ikut menyaksikan. Panitia perlu bijak dan adil dalam menyelenggrakan sebuah even berskala besar ini dikemudian hari.

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami