Google X, Berupaya Mewujudkan Hal Tak Mungkin Jadi Mungkin

Entertainment / 16 November 2011

Kalangan Sendiri

Google X, Berupaya Mewujudkan Hal Tak Mungkin Jadi Mungkin

Lois Official Writer
3417

Sepertinya memang agak tidak masuk akal dan hanya seperti setting sebuah film fiksi ilmiah belaka ketika kita membayangkan ada sebuah kulkas yang dapat terhubung dengan internet sehingga pemiliknya bisa memesan bahan makanan yang hampir habis secara otomatis. Atau misalnya saja piring makan yang dipakai seseorang untuk makan bisa langsung ‘ngetweet’ tentang menu makanannya. Ataupun robot yang dapat pergi ke kantor menggantikan majikannya yang sedang bermalas-malasan di rumah.

Namun, semua itu mungkin adanya. Dikutip dari New York Times, Selasa (15/11), ada sebuah laboratorium rahasia di dunia ini yang sedang berupaya mewujudkan ide-ide tadi agar menjadi kenyataan. Pemilik laboratorium rahasia ini tak lain yaitu Google. Dibilang rahasia karena memang hal ini tidak diketahui oleh umum, bahkan sebagian besar karyawan Google tak mengetahui keberadaannya.

Google X ini memang beroperasi secara misterius. Pemimpin fasilitas rahasia ini adalah Sebastian Thurn, seorang pakar robotik artificial intelligence (AI) top dunia yang ada saat ini dan menjadi tenaga pengajar di Universitas Stanford. Dialah yang menciptakan mobil tanpa sopir pertama di dunia. Google X sendiri berlokasi di dua kantor. Untuk urusan logistic berada di kantor pusat Google di Mountain View, California. Untuk keperluan robot, berada di lokasi yang belum diketahui.

Selain Thurn, dalam lab ini terdapat juga professor Andrew Ng yang juga dari Stanford. Dialah yang menerpakan neuroscience pada AI agar robot dan mesin dapat beroperasi layaknya manusia. Menurut pengakuan dua narasumber yang pernah menerima pengarahan dalam proyek di laboratorium ini, terdapat sebuah produk dari laboratorium yang siap dibuka ke publik pada akhir tahun ini. Produknya seperti apa, belum diumumkan.

Sebuah ide yang spektakuler yang dapat mengubah sistem kehidupan di dalam kehidupan manusia dimana robot dapat mengambil peranan yang sangat penting ke depannya, sama seperti yang kita saksikan di film-film yang ada. Kiranya perubahan yang bisa saja terjadi ini tidak membawa dampak yang buruk namun makin membuat kehidupan manusia lebih baik lagi.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami