Kebanggaan Kita Saat Anak Bangsa Mengharumkan Negara

Nasional / 13 November 2011

Kalangan Sendiri

Kebanggaan Kita Saat Anak Bangsa Mengharumkan Negara

Lois Official Writer
2177

Ada kebanggaan tersendiri ketika kita melihat usaha yang telah dihasilkan anak bangsa dari negeri Indonesia ini. Meskipun akhir-akhir berita banyak mengungkit soal politik dimana pemilihan umum yang sudah semakin mendekat dan intrik-intrik di dalamnya, namun ada hal-hal lain yang patut menjadi perhatian kita.

Ambil contoh saja, warga masyarakat yang berhasil menanam padi di atas air dan uniknya tetap bisa hidup bahkan berkembang. Padi yang dikembangkan di Lampung Timur ini dinamakan padi apung atau padi air. Padi yang diinisiasi / diuji Ikatan Pelopor Pertanian Organik Lampung (IPPOL) ini mulai diuji coba secara terbatas di Desa Gunung Agung, Kecamatan Sekampung Udik selama setengah tahun terakhir. Padi apung ini awalnya dikembangkan untuk membantu petani di sana yang selama dua tahun terakhir ini selalu gagal panen akibat banjir. Kini, mereka tidak perlu takut banjir lagi.

Hal membanggakan lainnya adalah hasil karya salah satu staf pengajar Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dilirik banyak konglomerat yang bukan saja dari Indonesia, tapi juga dari Jepang dan China. Temuannya berupa alat deteksi dini penyakit katark. Orang yang menemukan ini adalah Dr. Eng Retno Supriyanti ST MT yang mengajar di Program Studi Teknik Elektro.

Kehidupan kita memang memberi dampak jika kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Apa yang kita buat, tidak harus besar namun yang pasti bermanfaat. Bukankah ada pepatah yang mengatakan, gajah mati meninggalkan gading. Manusia mati meninggalkan nama. Nama yang harum akan terus dikenang orang.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami