Komisi Kebebasan Beragama : Pakistan Ajarkan Diskriminasi Agama

Komisi Kebebasan Beragama : Pakistan Ajarkan Diskriminasi Agama

Lois Official Writer
2024

Komisi Kebebasan Beragama Amerika mengatakan buku-buku pelajaran di Pakistan menghasut diskriminasi dengan penggambaran negatif tentang penganut agama lain di negara itu. Hal ini meningkatkan kemungkinan bahwa ekstrimisme dengan kekerasan di Pakistan akan terus bertumbuh. Selain itu, hal ini juga akan memperlemah kebebasan beragama, serta kestabilan nasional dan regional.

Komisi tersebut mendapati bahwa buku-buku pelajaran sekolah negeri sering mempunyai kecondongan Islam yang kuat dan kaum minoritas agama lain di sana disebut sebagai agama yang buruk bahkan tidak dianggap. Laporan itu secara garis besar mendokumentasikan sekolah-sekolah di negara mayoritas Islam itu tidak mengajarkan toleransi beragama.

Hindu digambarkan dengan cara yang sangat negatif, sedangkan penggambaran mengenai kelompok Kristen sering tidak tepat dan menghina. Selain itu, laporan itu juga menyatakan bahwa para guru mengutarakan pandangan negatif mengenai Kristen, Yahudi, dan Ahmadiyah.

Jika apa yang dilaporkan oleh komisi ini adalah benar, maka perlu diambil tindakan yang tegas agar pengajaran di sana segera diperbaiki. Karena kebebasan beragama adalah hak setiap orang dan bukanlah pendidikan yang baik bila agama lain dihina dan dijelekkan.

Sumber : voanews/lh3

Ikuti Kami