SBY Atur Jadwal Para Menteri Sampaikan Hasil Kerja Pada Rakyat

Nasional / 10 November 2011

Kalangan Sendiri

SBY Atur Jadwal Para Menteri Sampaikan Hasil Kerja Pada Rakyat

Lois Official Writer
1478

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mempunyai ide baru dalam meningkatkan komunikasi jajaran kabinet Indonesia bersatu dengan masyarakat. Caranya adalah SBY memberikan jadwal khusus buat para menteri untuk menyampaikan hasil kerjanya kepada publik. Hal ini membuat masyarakat dapat lebih mengetahui berbagai duduk persoalan berbagai masalah yang terjadi.

Menurut SBY hal ini dilakukan agar masyarakat up to date dengan apa yang telah dilakukan pemerintah. “Yang masih jelek rakyat juga tahu jelek. Lalu apa yang sudah bisa dicapai pemerintah rakyat juga tahu. Kondisi seperti ini akan dinamis,” jelas SBY, saat memimpin rapat terbatas percepatan pembangunan Papua di Kantor Presiden.

Penetapan untuk penyampaian kinerja kabinet pemerintahan SBY adalah sebagai berikut. Senin ditetapkan SBY untuk digelarnya rapat koordinasi bidang politik, hukum, dan keamanan. Hari itu menjadi waktu bagi Kementerian Kopolhukam untuk memberikan penjelasan kepada publik. Hari Selasa adalah hari bagi Kementerian Koordinator Perekonomian menyampaikan keterangan dan Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada hari Rabu. Hari Kamis, yang biasanya berlangsung sidang kabinet paripurna, merupakan kesempatan bagi dirinya untuk memberikan penjelasan kepada publik, sedangkan Wakil Presiden Boediono mendapat kesempatan pada hari Jumat.

“Tentu saja media massa tidak selalu menyampaikan apa yang dilakukan pemerintah, itu hak media massa,” demikian ucapan SBY yang dirilis oleh republika. Tentunya publik mengharapkan apapun yang dilakukan pemerintah merupakan yang terbaik untuk rakyat. Keterbukaan SBY dan aparat pemerintahannya ini bisa menjadi nilai positif bahwa pemerintah terbuka dan berharap dapat lebih baik lagi buat kemakmuran bangsa Indonesia.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami