Wow, iPad Bisa Bantu Anak Dengan Gangguan Penglihatan!

Parenting / 9 November 2011

Kalangan Sendiri

Wow, iPad Bisa Bantu Anak Dengan Gangguan Penglihatan!

daniel.tanamal Official Writer
1875

Seorang peneliti dari Universitas Kansas Life Span Institute yang melakukan riset terhadap anak-anak, memperlihatkan bahwa produk fenomenal keluaran Apple iPad ternyata berpotensi menjadi alat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan penglihatan anak yang menderita gangguan penglihatan berat.

"Kami memberi 15 anak usia tiga sampai empat tahun yang menderita kerusakan selaput penglihatan untuk bermain dengan iPad. Hasilnya sungguh mengejutkan. Mereka tidak hanya melihat langsung pada orang dan objek tetapi juga fokus pada sinar dari iPad dan berinteraksi dengan objek di layar," ujar peneliti bernama Muriel Saunders itu.

Gangguan selaput penglihatan sendiri merupakan kelainan saraf berat yang disebabkan oleh kerusakan otak sehingga anak tidak mampu menginterpretasikan informasi visual. Anak-anak dengan gangguan selaput penglihatan biasanya melakukan terapi penglihatan dengan orangtua dan terapisnya memakai kotak bersinar, seperti kotak yang sering dipakai dokter untuk melihat hasil rontgen, sehingga mereka lebih mudah melihat cahaya dan objek dalam kontras tinggi.

iPad, yang bisa menjadi seperti kotak bersiinar, memiliki aplikasi yang disebut Baby Finger, dimana anak bisa mengetuk gambar dan bentuk warna yang muncul dalam latar belakang putih. "Dengan aplikasi itu anak-anak mampu berinteraksi dengan objek yang sebelumnya belum pernah dilihat para orangtua," imbuh Saunders yang kini sedang mengajukan proposal untuk melakukan riset nasional mengenai manfaat iPad sebagai alat terapi.

Orangtua anak-anak dengan gangguan penglihatan itu yang pertama kali menyadari bahwa iPad potensial sebagai alat terapi. Akan tetapi sejauh ini menurut Saunders belum ada riset formal yang dilakukan untuk mengkaji kemampuan iPad dalam membantu anak berkebutuhan khusus.

Sementara itu iPad juga diketahui membantu anak-anak autisme untuk menyesuaikan diri dengan sensorik yang berlebihan. "iPad bukan hanya membantu mereka berinteraksi dengan layar tetapi juga membantu mereka bagaimana mengendalikan apa yang dilihatnya dalam layar," kata Saunders.

Ia menambahkan intervensi sejak dini dalam hidup anak-anak berkebutuhan khusus sangat penting dalam perkembangannya, termasuk meningkatkan fungsi penglihatan saat mereka dewasa. Dengan teknik yang tepat, sel-sel otak anak bisa dirangsang untuk mulai memahami apa yang dilihat mata sehingga kemampuan mengenali gambar pun meningkat.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami