Editorial Jawaban.com - Sea Games dan Supremasi Indonesia

Internasional / 7 November 2011

Kalangan Sendiri

Editorial Jawaban.com - Sea Games dan Supremasi Indonesia

daniel.tanamal Official Writer
1792

Semua masalah yang menyelimuti persiapan pelaksanaan South East Asean Games (SEA Games) harus kita kesampingkan terlebih dahulu. Pesta olahraga negara di Asia Tenggara itu terlalu berharga untuk kita tutupi dengan berbagai polemik yang muncul dan saat ini masih mendera Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus pelaksana even dua tahunan itu.

Meski pentas akbar tersebut baru resmi berlangsung pada 11 November nanti, sepakbola telah mendahuluinya pada Selasa (3/11) lalu. Terhitung sudah empat belas tahun kita tidak lagi merengkuh gelar juara umum, sejak di Jakarta 1997 kita jadi jawaranya. Dahaga gelar dan prestasi untuk masyarakat pun urung tercipta, yang kini animo besar dukungan itu tercipta lewat sepakbola pada gelaran piala AFF tahun lalu.

Kini melalui dua kota besar Palembang dan Jakarta yang dipercaya sebagai perhelatan besar itu, seluruh harapan masyarakat tertanam didada setiap atlet yang mewakili Indonesia. Jika ditanya tentu masyarakat tak akan mau tahun tentang kondisi kesiapan dan teknis lainnya yang sedang digumuli pelaksana. Masyarakat hanya ingin tahu ada prestasi dan kebanggaan yang diperoleh para atlet untuk negara.

Karena itu seluruh pihak yang berhubungan dengan terselenggaranya even ini harus mendahulukan kepentingan nasional. Perhelatan akbar ini bukanlah representasi seseorang, partai, golongan ataupun perusahaan iklan. Karena sudah terlalu lama Indonesia jatuh dalam bayang-bayang kepentingan, yang ketika jatuh dan tidak menghasilkan prestasi lantas mencari kambing hitam.

Dua hal yang harus diingat oleh seluruh masyarakat Indonesia, Sea Games adalah wujud kerjasama antarnegara pada olahraga, dimana harga diri bangsa dipertaruhkan. Pada faktor ini, kebersamaan dalam suksesnya pelaksanaan jauh lebih penting ketimbang nilai sebuah kemenangan yang didapat dari rekayasa nilai dan faktor tuan rumah.

Terakhir, supremasi dan kebanggaan, jelas adalah keinginan dan harapan seluruh masyarakat yang ingin melihat merah putih berkibar paling atas disemua cabang olahraga tentunya dengan sportivitas yang tinggi. Juara umum memang bukan harga mati, namun kebanggaan harus dapat terpatri di setiap jiwa seluruh anak bangsa yang kini siap membela Indonesia.

Motivasi dan semangat boleh membumbung tinggi, namun bertanding dengan hati, itu yang harus jadi prioritas didalam diri. Selamat bertanding untuk para atlet Indonesia. Tunjukan kepada mereka, Indonesia yang sesungguhnya!

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami