SEA Games XXVI : Jakarta Merdeka dari Asap Rokok

Nasional / 2 November 2011

Kalangan Sendiri

SEA Games XXVI : Jakarta Merdeka dari Asap Rokok

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
1881

Jakarta bebas rokok? Hal ini tentu adalah impian bagi semua pecinta lingkungan termasuk organisasi-organisasi yang aktif menyuarakan bahaya rokok. Berita baiknya, dalam rangka SEA Games XXVI yang sebagian akan dilaksanakan di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan kawasan dilarang merokok di beberapa tempat.

"Saat ini, kami lihat komitmen dari pengelola gedung dalam penerapan kawasan dilarang merokok. Pengelola gedung tampak sudah menerapkan peraturan tersebut," kata Kepala Bidang Penegakan Hukum Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, Ridwan Pandjaitan, seperti dikutip kompas.com.

Pemerintah tidak main-main untuk membebaskan asap rokok dari perhelatan olahraga terbesar di Asean ini.

"Untuk menegakkan ini, kami menurunkan 80 personel untuk melakukan pengawasan aturan larangan merokok," jelas Ridwan.

Jumlah perokok di Indonesia terus meningkat dari tahun 1995 hingga kini. Yaitu dari sebanyak 34,7 juta perokok menjadi 65 juta perokok. Ini berdasarkan data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional dan Riset Kesehatan Dasar.

Walaupun hanya dilaksanakan di beberapa titik, semoga SEA Games XXVI ini menginspirasi pemerintah dan masyarakat untuk membebaskan Jakarta dari asap rokok. Berhenti merokok adalah sebuah keputusan tegas yang harus diambil, karena selain merugikan diri sendiri, efek buruk dari rokok juga dirasakan orang lain dan lingkungan. Efek buruk rokok akan nyata pada jangka panjang, yaitu sekitar 25 tahun mendatang.

Halaman :
1

Ikuti Kami