Dengan Teknologi, Anda Pun Bisa Jadi Peramal Cuaca

Dengan Teknologi, Anda Pun Bisa Jadi Peramal Cuaca

Lois Official Writer
2952

Sekarang, Anda dapat dengan mudah menjadi peramal cuaca yang tepat. Hal ini dikarenakan Anda mempunyai aplikasi teknologi yang canggih dan tepat sehingga Anda tidak perlu kuatir lagi jika hendak pergi ke suatu tempat namun ketika melihat langit, Anda takut akan hujan. Cuaca saat ini memang kerap berubah-ubah tak menentu. Sekejap cerah, sekejap hujan deras mengguyur.

Dengan aplikasi yang bernama Dark Sky ini, Anda akan diberitahu prediksi cuaca untuk satu jam ke depan. Istimewanya, prediksi Dark Sky ini diklaim amat akurat. Anda hanya perlu waktu 5 menit untuk mengetahui hujan lebat akan turun atau tidak. Hal ini tentunya sangat bermanfaat buat kita menghadapi kemungkinan-kemungkinan cuaca yang memburuk sehingga kita dapat melakukan persiapan yang dibutuhkan.

Selain mengetahui keadaan cuaca, analisis data radar cuaca Adam Grossman dan Jack Turner ini juga dapat mengetahui lokasi di mana Anda berada secara tepat. Dark Sky juga bisa membedakan dengan mudah, mana sistem badai atau cuaca yang akan bergerak dalam waktu setengah jam mendatang.

Bagaimana cara aplikasi ini bekerja? Menurut laman wired, aplikasi ini mempunyai algoritma yang memprediksi cuaca kemudian menambahkan gambar radar ke dalam sebuah gambar animasi cuaca yang sangat halus. Gambar cuaca ini mirip seperti visualisasi iTunes. Sayangnya, karena aplikasi Dark Sky membutuhkan banyak server untuk mencatat dan mempelajari data radar dari seluruh negara, hal ini menyebabkan peluncuran aplikasi Dark Sky di tingkat internasional membutuhkan waktu yang lama.

Mungkin butuh waktu yang lama sampai aplikasi ini dapat dipakai di Indonesia, tapi tidak ada salahnya menambah pengetahuan kita. Atau kalau bisa, anak muda di Indonesia yang ahli di bidang teknologi informasi dapat juga menciptakan aplikasi yang serupa sehingga dapat dipakai dan berguna buat banyak orang.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami