Uang Kertas Rupiah Baru Tercipta, Sistem Keamanan Diperkuat

Nasional / 30 October 2011

Kalangan Sendiri

Uang Kertas Rupiah Baru Tercipta, Sistem Keamanan Diperkuat

Lois Official Writer
4221

Tampaknya kali ini Bank Indonesia mengeluarkan uang kertas dengan desain baru yang menarik. Deputi Gubernur BI, Ardhayadi di Gedung BI Jakarta menyebutkan bahwa uang kertas ini juga memakai sistem keamanan yang diperkuat. Seperti apakah sistem keamanan yang dimaksud? Tambahan sistem pengaman itu antara lain berupa adanya rainbow printing yang menimbulkan efek pelangi.

Selain itu, terdapat perubahan kode tuna netra. Untuk pecahan Rp 20 ribu berupa dua buah empat persegi panjang yang kasat mata dan kasar jika diraba. Untuk pecahan Rp 50 ribu berupa dua buah segitiga dan untuk Rp 100 ribu berupa dua buah lingkaran.

“Masyarakat dapat mulai memperoleh uang kertas desain baru itu mulai Senin (31/10) di seluruh kantor Bank Indonesia,” katanya. Sementara itu, uang pecahan lama tahun emisi 2004 (Rp 20 ribu), tahun emisi 2005 (Rp 50 ribu), dan tahun emisi 2004 (Rp 100 ribu) tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Direktur Pengedaran Uang BI, Muhammad Dahlan mengatakan untuk tahap awal BI akan mengeluarkan uang pecahan Rp 20 ribu sebanyak 7.6 juta bilyet dimana satu bilyet sama dengan satu lembar uang kertas itu. “Pecahan Rp 50 ribu sebanyak 103,5 juta bilyet, dan pecahan Rp 100 ribu sebanyak 125,8 juta bilyet,” kata Dahlan kemudian.

Diharapkan dengan adanya uang yang baru ini, tidak akan ada lagi kasus-kasus pengedaran uang palsu sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan. Jadi, jika Anda penasaran seperti apa uang yang baru itu, tunggu saja hari Senin besok dan datanglah ke Bank Indonesia.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami