Kepunahan Massal yang Akan Berlangsung di Bumi

Nasional / 24 October 2011

Kalangan Sendiri

Kepunahan Massal yang Akan Berlangsung di Bumi

Lois Official Writer
2888

Akhir bulan lalu, menurut proyeksi Divisi Populasi PBB, populasi manusia di bumi tahun 2011 ini mencapai tujuh miliar. Hal ini secara tidak langsung akan menyebabkan penghuni bumi lainnya akan punah. Selama tahun-tahun ini, ada banyak penghuni bumi lain yang punah dan menurun drastis. Spesies yang punah tersebut, tentunya menyebabkan ada spesies lain yang tumbuh (yaitu spesies yang dimakan oleh spesies yang punah tersebut) dan ada yang akan berganti jenis makanan (yaitu spesies yang memakan spesies yang punah tersebut). Hal ini menyebabkan siklus kehidupan dapat berubah.

Penyebab punahnya spesies ini adalah karena hilangnya habitat asli mereka, populasi, pemanasan global, bahkan terlalu banyak memancing dan berburu pun jadi alasan utama menurunnya spesies di masa depan. Hal ini tentunya sangat mengkuatirkan. Beberapa ahli biologi yakin, dengan tingkat kepunahan saat ini, bumi akan mengalami kepunahan massal dimana 75% spesies planet ini akan menghilang dalam periode geologi yang singkat atau dalam waktu 300-2000 tahun mendatang.

Adapun spesial yang terancam punah adalah musang berkaki hitam, lele raksasa Mekong yang menurun 90% satu dekade terakhir ini, vaquita yang merupakan kelompok mamalia laut terkecil yang terancam punah. Selain itu ada juga capung zamrud (mata hijau dan sepasang sayap bergaris kuning), Ozark Hellbender (salamander raksasa) yang menurun 75%, gharial (hewan hidung panjang dari keluarga buaya), siamang hainan jambul hitam di pulau Hainan, China. Begitu juga dengan Akikiki yaitu burung yang hanya ada di pulau Kaua’l – Hawaii, dypsis brevicaulis yaitu palem cebol, dan koral elkhron yaitu karang paling penting di Karibia yang mengalami penurunan populasi sebesar 90-95%.

Bumi sedang menuju kepada kehancurannya, sebagian disebabkan oleh manusia. Hal ini harusnya menjadi ‘tamparan’ buat kita. Akan tinggal dimanakah kita jika kita terus merusak bumi, tempat tinggal kita saat ini? Siklus kehidupan sudah terganggu, banyak binatang yang telah punah, es di kutub telah mencair, panas bumi meningkat. Hentikan perbuatan yang merusak bumi mulai dari sekarang.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami