Bisa Urus KTP dan KK di Hari Sabtu dan Malam Hari Lho

Nasional / 19 October 2011

Kalangan Sendiri

Bisa Urus KTP dan KK di Hari Sabtu dan Malam Hari Lho

Lois Official Writer
3937

Sejak pelayanan ini digelar pertama kali, puluhan ribu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan belasan ribu Kartu Keluarga (KK) telah diterbitkan. Pelayanan kepengerusuan dokumen kependudukan KTP dan KK ini makin mengembangkan sayapnya dengan melakukan pelayanan di malam hari. Hal ini sangat disambut oleh oleh masyarakat Jakarta.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Purba Hutapea, mengatakan bahwa selama tiga tahun terakhir ini pihaknya telah melakukan pelayanan administrasi data induk (adminduk) dengan sistem jemput bola dan melayani warga di luar hari dan jam kerja. Pelayanan adminduk pada hari Sabtu dan pelayanan terpadu malam hari melalui mobil keliling ini mendapatkan animo besar dari masyarakat Jakarta.

“Begitu juga dengan pengurusan akta kelahiran di puskesmas dan rumah sakit bersalin yang ada di Jakarta dilakukan dengan pelayanan jemput bola. Keluarga tidak perlu lagi susah mengurus akta kelahiran, hanya tinggal menyerahkan seluruh dokumen yang menjadi syaratnya, lalu puskesmas atau rumah sakit bersalin itu yang akan mengurusnya,” jelas Purba.

“Jika ada pihak yang mempersulit warga untuk mendapatkan pelayanan adminduk, silahkan laporkan ke Dinas Dukcapil DKI. Maka kami akan segera tindak lanjuti kasus tersebut. Sebab kami menginginkan memberikan kemudahan bagi warga, bukan mempersulit,” tegasnya.

Sungguh suatu langkah yang bijaksana dari Dinas Dukcapil DKI dengan mempermudah warganya untuk mengurus KTP ataupun KK. Hal ini kiranya dapat terus berlanjut ke arah lebih baik lagi sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang dilakukan dan merasakan manfaatnya yang benar-benar nyata sebagai tanda kependudukan yang harus dipunyai oleh setiap warga.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami