Siapakah Mereka yang Layak Menerima Bintang Kehormatan?

Nasional / 19 October 2011

Kalangan Sendiri

Siapakah Mereka yang Layak Menerima Bintang Kehormatan?

Lois Official Writer
3715

Presiden SBY telah menganugerahkan bintang kehormatan Mahaputra Adipurna kepada Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong XIII. Raja Malaysia dinilai berjasa dalam mempererat hubungan Indonesia dan Malaysia. Sebenarnya apakah bintang Mahaputra itu? Bintang Mahaputra setingkat di bawah Bintang RI. Meski begitu, Bintang Mahaputra Adipurna ini merupakan bintang penghargaan sipil tertinggi. Di bawahnya terdapat Bintang Mahaputra Adipradana, Bintang Mahaputra Utama, Bintang Mahaputra Pratama dan Bintang Mahaputra Nararya. Banyak yang marah karena pemberian bintang kehormatan kepada Raja Malaysia ini, terutama para TKI. Lalu seharusnya, kepada siapakah Bintang Mahaputra ini harus diberikan?

Saur Marlina Manurung. Dia adalah seorang perintis dan pelaku pendidikan bagi masyarakat terasing dan terpencil di Indonesia. Sekolah rintisan pertama kali ia terapkan bagi masyarakat Orang Rimba (Suku Kubu) yang mendiami Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi. Dialah yang mengembangkan Sekolah Rimba yang kemudian diterapkan di berbagai tempat terpencil lainnya di Indonesia seperti di Halmahera dan Flores. “Gak keren kalau mati tidak ada yang mengenang,” kata Butet Manurung, panggilan akrabnya.

Jeffrey Marcel Pondang yang memperjuangkan hak para keluarga korban Rawagede. Dialah yang berada di balik perjuangan sehingga membuat Pemerintah Belanda harus memberikan kompensasi kepada keluarga korban Rawagede itu.

Seto Mulyadi yang biasa dipanggil dengan Kak Seto. Kak Seto merupakan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Bukan karena kedudukannya dia berhak diberikan penghargaan tapi karena hatinya yang menggerakkan dirinya dalam melindungi anak-anak.

Para olahragawan yang berprestasi mengharumkan nama bangsa, para budayawan yang melestarikan budaya, para pahlawan yang berhasil menggerakkan ekonomi Indonesia, mereka yang berkomitmen dan bergerak di bidang tertentu yang mereka geluti namun sangat memberi arti buat bangsa kita, dapatkah mereka semua menerima penghargaan seperti itu?

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami