Wanita Ini Putuskan Berhenti Minum Soda Setelah ...

Serba-Serbi Sehat / 15 October 2011

Kalangan Sendiri

Wanita Ini Putuskan Berhenti Minum Soda Setelah ...

Budhi Marpaung Official Writer
4250

Seorang wanita paruh baya di Inggris memutuskan untuk berhenti mengonsumsi soda diet setelah dirinya sadar bahwa telah kecanduan dengan minuman itu selama 10 tahun terakhir.

Claire Ayton (36 tahun) telah minum sekitar 7.300 botol besar soda dan menghabiskan biaya 1.300 poundsterling atau sekitar Rp 18 juta per tahun.

"Saya tidak menganggapnya sebagai kecanduan. Itu adalah kegiatan sehari-hari. Saya minum satu gelas kopi di pagi hari dan minum soda diet sepanjang hari," ujar Claire Ayton seperti dilansir Dailymail, Rabu (12/10).

Menurut wanita yang berasal dari Pailton, Warwickshire tersebut akibat minuman berkarbonasi kini ia selalu merasa lelah dan haus, bahkan berat badannya naik hingga 19 kg. Namun Ayton kesulitan untuk berhenti. Tes darah yang dilakukannya bahkan tak mengetahui penyebab yang membuatnya selalu ingin minum soda.

Jalan keluar terlihat setelah ia berkonsultasi dengan ahli hipnotis Russell Hemmings di Coventry.

"Saya selalu merasa haus. Orang-orang bertanya berapa botol soda yang saya beli dan simpan di rumah. Saya hanya berpikir saya menghabiskan semuanya," pungkasnya.

Pada awalnya ia tidak tahu bahwa kebiasaannya meminum soda diet akan berakibat fatal bagi tubuhnya. Namun soda diet yang diklaim rendah kalori ternyata juga menyimpan bahaya untuk kesehatan.

"Ketika saya pergi ke Russell saya cukup terkejut dan ia mengatakan saya harus mengurangi minum soda untuk meningkatkan kesehatan saya dan lebih banyak minum air putih. Saya membaca efek samping dari pemanis buatan di internet. Diduga aspartam adalah yang terburuk," ujar Ayton.

Dan betul, efek samping pemanis buatan pada soda diet kini sering dirasakan Ayton. Ia sering mengalami sakit kepala, selalu merasa haus dan mudah lelah.

"Saya mengalami sakit kepala dan pada hari ketiga saya merasa seolah-olah dipukuli. Tapi setelah berhenti minum soda, saya merasa lebih baik. Kepala saya lebih ringan dan memiliki banyak energi. Sampai saat ini berat badan saya sudah turun 2,3 kg. Sekarang saya hanya minum air putih dengan sepotong jeruk. Dan biaya hidup lebih murah. Kami bisa pergi berlibur ke tempat yang menyenangkan," tandas Ayton.

Penelitian sudah membuktikan bahwa air putih adalah minuman paling sehat bagi manusia. Jangan gantikan ini dengan minuman lainnya karena salah-salah kesehatan Anda yang akan menjadi terganggu.

Sumber : detikhealth/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami