Negara Kelautan Indonesia Dijaga oleh 50% Kapal yang Sudah Tua

Nasional / 6 October 2011

Kalangan Sendiri

Negara Kelautan Indonesia Dijaga oleh 50% Kapal yang Sudah Tua

Lois Official Writer
1961

Di usia ke-66, TNI masih harus menghadapi banyak kekurangan di dalam tubuhnya sendiri. Salah satu kekurangan yang dihadapi yakni armada laut yang hampir 50 persen sudah tua. Hal ini sangat membahayakan, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang memerlukan banyak pengawasan terutama di bidang kelautan.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) Laksamana Pertama TNI Untung Suropati saat ditemui usai Upacara HUT TNI ke-66 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur itu menjelaskan bahwa dalam merawat kondisi kapal yang sudah tua ini, pihaknya menerapkan tiga strategi. Pertama pengadaan, kemudian perbaikan, dan penghapusan. “Jika kapal sudah tidak bisa diperbaiki, maka akan dihapuskan,” katanya.

Mengenai standar pemakaian sebuah kapal perang, lanjut Untung, idealnya 30 tahun namun di Amerika ada yang usianya 40 tahun karena pemeriksaannya bagus. “Sebagian besar kapal masih layak, contoh KRI Dewa Ruci sudah 50 tahun namun masih keliling dunia,” tandasnya.

Transportasi bagi angkatan kelautan ini merupakan salah satu transportasi yang penting mengingat negara kita merupakan negara kelautan. Dalam menjaga keamanan di laut, tentunya kita memerlukan kapal yang memadai. Bukan masalah umur kapal itu berapa, namun yang terpenting kelayakan kapal itu. Sama seperti kendaraan-kendaraan lainnya : bus, angkot, pesawat udara, busway, kereta api, dan transportasi lainnya perlu dijaga kelayakannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami