4 Langkah Berantas Teroris Ala Indonesia Untuk PBB

Nasional / 20 September 2011

Kalangan Sendiri

4 Langkah Berantas Teroris Ala Indonesia Untuk PBB

Lois Official Writer
2210

PBB menyelenggarakan symposium yang bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada dunia mengenai perlunya kerjasama internasional yang lebih kuat dalam pengimplementasian UN Global Counter-terrorism Strategy. Simposium ini juga dihadiri oleh Indonesia. Pemerintah Indonesia menyampaikan empat pemikiran terkait penanggulangan terorisme di tingkat regional maupun global pada symposium di markas PBB di New York, Amerika Serikat, Senin (19/9) waktu setempat atau Selasa waktu Indonesia. Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa yang bertindak sebagai pembicara utama bersama dengan Jaksa Agung AS, Eric H. Holder.

Dalam empat gagasan tersebut, Indonesia menekankan perlunya pendekatan yang lebih mendalam untuk memberantas terorisme dari akar. Pemikiran pertama yang disampaikan adalah perlu adanya dukungan dari tingkat nasional dan regional terkait pemberantasan terorisme tersebut. “Kolaborasi pada tingkat global, regional, dan nasional adalah keniscayaan,” tegas Natalegawa.

Pemikiran kedua aldah mengatasi terorisme dari akarnya, yang sifatnya multidimensi. Oleh karena itu, tutur Menlu, strateginya juga harus bersifat multidimensi dan saling terkait. Pemikiran ketiga yaitu mengedepankan strategi jangka panjang dengan pendekatan soft power. “Masalah terorisme adalah bagaimana memenangi perang hati dan pikiran. Dengan demikian, kita perlu memperkuat kebebasan, pluralisme, dan toleransi,” jelas Natalegawa.

Pemikiran terakhir Natalegawa menegaskan bahwa upaya-upaya di tingkat global, regional, dan nasional tersebut harus dalam koridor demokrasi, mematuhi hukum dan HAM. “Pada akhirnya kita tidak hanya mengalahkan terorisme tapi juga membangun perdamaian, keadilan sosial, dan kesejahteraan bersama” imbuhnya. Akhirnya, Natalegawa mengajak negara-negara anggota untuk mengimplementasikan keempat pilar tersebut.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami