Negara Terkorup se-Asia Pasifik Dipegang oleh Indonesia

Nasional / 12 September 2011

Kalangan Sendiri

Negara Terkorup se-Asia Pasifik Dipegang oleh Indonesia

Lois Official Writer
2395

Menurut pemaparan yang dikemukakan oleh KPK Watch, Yusuf Sahide, dalam dialognya Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara terkorup di Asia Pasifik. “Saat ini Indonesia menempati urutan pertama negara terkorup di Asia Pasifik. Ini prestasi yang buruk,” ujar Yusuf dalam dialog “Adakah Rekayasa Kasus di Tubuh KPK? Mengungkap Takbir Penegakan Hukum di Indonesia”, di Galeri Café, TIM, Jakarta, Senin (12/9).

“Indonesia terlalu lemah sistem hukumnya dalam hal menjerat pelaku korupsi, sehingga efek jera yang diberikan tidak berpengaruh sama sekali bagi pelaku. Tidak seperti China yang memberlakukan hukuman berat bagi para koruptor. Di Indonesia malah dapat keringann, sehingga tidak ada efek jera bagi para pelaku,” imbuhnya.

Bisa jadi, sikap Indonesia yang seperti itu dapat membuat para pelaku korupsi dengan seenaknya dapat melakukan korupsi, karena dari contoh-contoh kasus yang sebelumnya, kasus suap ataupun korupsi yang skalanya besar tidak dapat mendapatkan hukum yang sepantasnya, bahkan ada koruptor yang mendapatkan remisi sehingga masa tahanan mereka habis dan mereka bebas dari penjara.

Terlebih lagi, menurut penuturan Yusuf, apa yang membuat Indonesia mencuat namanya menjadi negara korup di Asia Pasifik adalah karena kasus-kasus besar lainnya yang belum terselesaikan, seperti kasus Century dan Nazaruddin. Sepertinya hukum dikalahkan dan tidak bisa lagi ditegakkan di Indonesia.

Kita terus berharap, setiap perbuatan yang melanggar hukum, apapun itu, dapat diberikan hukuman yang setimpal. Jikalau hukum di Indonesia belum ditegakkan secara benar, otomatis hal ini akan mempengaruhi cara pandang bangsa lain terhadap Indonesia. Tidak malukah kita jika kita selalu dipandang sebagai negara yang koruptor, negara dengan rakyat miskin yang banyak, atau hal-hal jelek lainnya?

Sumber : tribunnews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami