Lois

Official Writer
3865


Indonesia dengan kondisi hutan tropis di Kalimantan yang masih begitu lebat, memberikan harapan bagi dunia dalam mengatasi krisis perubahan iklim yang dialami dunia saat ini. Namun, dunia luar justru menilai Indonesia menghancurkan upaya tersebut. Mengapa?

Juli 2010, investor Amerika Serikat Todd Lemons dan perusahaan energi raksasa Rusia Gazprom yakin akan memenangkan proyek pelestarian hutan di Indonesia. Tetapi sudah setahun lebih, mereka hanya mendapatkan bahwa proyek mereka menemui jalan buntu. Birokrasi yang rumit di Indonesia, hukum yang tidak jelas, serta aturan perusahaan kelapa sawit ditengarai menjadi biang keladi hancurnya proyek yang ditujukan untuk mengurangi bahaya perubahan iklim di dunia. Proyek Rimba Raya di Kalimantan, disebut sebagai upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ditujukan untuk memberikan negara berkembang imbalan agar dapat menjaga hutan mereka.

Apa yang menyebabkan hutan Indonesia penting di mata dunia? Lahan gambut yang terdapat pada hutan tropis di Indonesia dianggap ampuh menjaga miliaran ton karbon. Harta karun inilah yang menyebabkan hutan di Indonesia memegang peranan amat penting dalam perang melawan perubahan iklim yang mengancam dunia. Dengan memberikan nilai pada karbon, proyek yang melibatkan 90 ribu hektar (ha) lahan, dapat membantu memberi bukti kepada investor bahwa mereka dapat menghasilkan keuntungan dari hutan-hutan di dunia dengan cara-cara yang tidak merusak bisnis mereka.

Reuters menyebutkan bahwa pihak Kementerian Kehutanan Indonesia merasa skeptis dengan pasar dari karbon kredit hutan. Hal ini bertolak belakang mengingat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono amat mendukung skema investasi untuk melawan perubahan ini.

Bukan hal yang kebetulan jika hutan di Indonesia menjadi harapan bagi kehidupan umat manusia di seluruh dunia. Kita sebagai rakyat Indonesia sudah mengetahui sejak lama betapa kayanya kekayaan alam negara kita. Sudah saatnya kita bertindak dan menjadikan bangsa ini lebih baik lagi dan dikenal. Kita buktikan sebagai warga Indonesia yang baik, negara kita dapat bertumbuh dengan baik. Negara yang harus kita cintai lebih dulu, bahkan dengan segala kekurangan yang ada, tapi kita yakin negara kita ini akan bertumbuh dan maju.

Sumber : okezone/lh3


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Mei 2


7254

Banner Mitra April Week 3