Fitrikan Hati, Umat Beragama Mari Berpegangan Tangan (1/2)

Internasional / 30 August 2011

Kalangan Sendiri

Fitrikan Hati, Umat Beragama Mari Berpegangan Tangan (1/2)

Lois Official Writer
2147

Dirilis di yahoo pada tanggal 22 Agustus 2011 yang lalu, seorang kontributor bernama Marco Kusumawijaya dalam Newsroom Blog yahoo menuliskan tentang lintas peristiwa agama yang terjadi di Indonesia ini. Informasi apa yang dia dapatkan selama penelusurannya, ternyata ada puluhan twit mengenai keberadaan mesjid, pura, kelenteng, dan gereja di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Ada Masjid Istiqlal beralamat di Jalan Katedral, karena Gereja Katedral Katolik yang lebih dulu berada di jalan itu sehingga diberi nama demikian. Mesjid Al Azhar di Kebayoran Baru terletak pada Jalan Sisingamangaraja, nama seseorang yang bukan Muslim. Di Palu, gereja Kristen Sulawesi Tengah beralamat di Jalan Mesjid Raya No.15. Di Jogjakarta, Mesjid Syuhada dan gereja Katedral Katolik berada di Jalan I Dewa Nyoman Oka dan Jalan Abu Bakar Ali ada di sisi gereja.

“Banyak rumah ibadah bukan sekedar beralamat di jalan-jalan dengan beragam nama, yang secara indah mencerminkan kebesaran bangsa Indonesia, tetapi secara apa adanya benar-benar berada berdekatan, bahkan bersebelahan.” demikian tulis arsitek sekaligus urbanis, peneliti, dan penulis kota ini. Di Manado dan Jakarta ada gereja dan mesjid yang dindingnya benar-benar menempel satu sama lain. Keadaan serupa juga ada di Denpasar, Palu, Surabaya, Solo, Medan, Pekalongan, Nias, Kudus, Malang, Jogya, Palopo, Tangerang, Palembang, Magetan, Mentok, Makasar, Ungaran, Padang, Batam, Palangkaraya, dan lain-lain, menurut pantauannya lewat twitter ini.

“Fakta ada begitu banyak orang mengetahui dan dengan kesungguhan hati mau memberitahu adanya informasi di atas bagi saya mencerminkan betapa bangsa kita biasa, bangga, dan menghargai keberagaman dan keberadaan bersama itu.” Selain itu, ada hal lain lagi yang dia katakan, yang akan dibahas pada artikel selanjutnya, namun dari sini kita sebagai warga negara Indonesia boleh berbangga hati karena begitu beragamnya kita namun kita tetap satu dan kesatuan itulah yang harus kita jaga bersama. Karena itu pula, di hari yang fitri ini terutama buat umat Islam yang merayakannya, Jawaban.com ingin mengucapkan, “Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir batin.”

Sumber : yahoo.com/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami