Tips Memperbaiki Seksual Blueprint Anda

Marriage / 23 August 2011

Kalangan Sendiri

Tips Memperbaiki Seksual Blueprint Anda

Lestari99 Official Writer
5008

Faktor mendasar yang mempengaruhi kehidupan seks seseorang adalah referensi otak mengenai sudut pandang seseorang akan seks dan apa yang dirasakannya mengenai hal tersebut. Hal ini dikenal sebagai seksual blueprint.

Seksual blueprint ini terbentuk di alam bawah sadar seseorang sejak ia dilahirkan dan terus berkembang sesuai dengan pengalamannya saat ia beranjak dewasa. Jika dalam masa pertumbuhannya ia mengenal seks secara positif, maka seksual blueprint yang terbentuk akan positif dan menghasilkan kehidupan seks yang memuaskan. Namun jika sebaliknya, maka orang tersebut harus memperbaiki seksual blueprint yang dimilikinya.

Tracey Cox, seorang pakar hubungan mengatakan, dalam kehidupan seseorang terdapat empat pihak yang akan sangat mempengaruhi seksual blueprint seseorang. Keempat pihak tersebut adalah:

Orangtua: Tidak hanya mewarisi kemiripan secara fisik, genetik yang dimiliki orangtua juga akan mempengaruhi kepribadian anak, pola interaksi dan juga libido. Ini berarti seorang anak akan mewarisi kecenderungan libido yang dimiliki orangtuanya. Jika orangtua diketahui memiliki libido yang tinggi, maka anak pun akan demikian.

Selain libido, sikap orangtua terhadap seks juga akan sangat mempengaruhi seksual blueprint anaknya. Anak yang besar dalam keluarga yang relijius dan tabu membicarakan seks akan memiliki seksual blueprint yang berbeda dibandingkan mereka yang besar dalam keluarga yang terbuka membicarakan seks.

Mantan Kekasih Pertama: Anda sangat beruntung jika suami Anda merupakan pria pertama yang menjadi pacar Anda. Namun bagi mereka yang beberapa kali berpacaran dengan pria yang berbeda, pria pertama ini akan menjadi sosok yang terus ‘menghantui’ Anda. Karena ia adalah orang pertama yang Anda biarkan untuk memahami serta memperlakukan Anda secara intim. Tanpa Anda sadari, pria ini akan turut mempengaruhi cara pandang Anda terhadap tubuh dan juga seks, termasuk seksual blueprint Anda.

Jika mantan Anda merupakan sosok yang sangat menghormati dan mendukung Anda, maka seksual blueprint yang ditinggalkannya bagi Anda akan positif dan membangkitkan rasa percaya diri Anda secara seksualitas. Namun jika ia adalah seorang yang manipulatif dan suka mengkritik, maka seksual blueprint Anda pun akan cenderung menjadi negatif dan membuat Anda tidak percaya diri. Akibatnya hal ini akan mempengaruhi kehidupan percintaan Anda dengan pria lain sesudahnya.

Media: Anda mungkin pernah melihat adegan seks yang sangat sempurna di film dan tanpa sadar menjadikannya sebagai acuan bagi kehidupan seks Anda sendiri. Berimajinasi memang dapat memberikan warna dalam kehidupan seks Anda, namun Anda harus sadar bahwa kehidupan seks Anda bukan berarti harus sama dengan adegan film tersebut.

Ya, adegan film tersebut turut berperan dalam pembentukan seksual blueprint Anda dimana adegan tersebut bisa jadi melebihi kemampuan Anda dan pasangan untuk melakukannya. Akibatnya Anda selalu merasa tidak puas dan merasa tidak percaya diri saat berhubungan seks dengan pasangan.

Teman: Pergaulan dengan teman sebaya mungkin membuat Anda mulai belajar tentang cara berciuman, menggoda pria dan berbagai hal yang mengandung unsur seksual lainnya. Meskipun Anda sebenarnya belum tahu apakah cara tersebut sudah benar dan tepat untuk dinikmati, Anda cenderung percaya bahwa hal itu benar. Ketika Anda beranjak dewasa, Anda pun mulai membandingkan kehidupan seks sahabat dengan kehidupan seks Anda bersama pasangan. Padahal belum tentu hal itu benar sepenuhnya.

Jika Anda selalu merasa tidak puas dengan kehidupan seksual yang Anda miliki saat ini, cobalah untuk menelaah dan memperbaiki seksual blueprint Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakuklan:

1. Waspadai Cara Berpikir Anda Mengenai Seks

Cobalah untuk menguraikan pesan yang ‘ditinggalkan’ keempat pihak di atas mengenai seks dalam kehidupan Anda. Kemudian tulislah alternatif pesan yang lebih baik untuk menggantikan pesan-pesan itu. Ambillah 5 pesan mengenai seks yang sekiranya dapat meningkatkan kehidupan seks Anda. Taruh di dekat tempat tidur agar Anda dapat membacanya setiap hari.

2. Pertajam Pengetahuan Diri Anda Mengenai Seks

Mempelajari seks tidak harus melalui praktek langsung. Belilah buku yang tidak hanya sekedar menguraikan tekhnik bercinta tapi juga membahas mengenai faktor emosional di dalam seks. Semakin banyak yang Anda pahami mengenai seks, semakin cermat Anda menyaring setiap informasi yang benar.

3. Bangkitkan Kepercayaan Diri Anda

Jika pengalaman hidup Anda selama ini membuat Anda merasa tidak menarik dan meragukan daya tarik seksual yang Anda miliki, jauh lebih baik bagi Anda untuk berteman dengan orang-orang yang dapat memberi kenyamanan dan membangkitkan kepercayaan diri Anda.

4. Jangan Sungkan Untuk Mencari Pertolongan

Jika Anda merasa bahwa seksual blueprint Anda memang tidak normal dan tidak bisa Anda kendalikan, jangan pernah sungkan untuk mencari bantuan dan menemui terapis. Bagaimanapun juga memiliki seksual blueprint yang sehat akan mendatangkan banyak keuntungan bagi kehidupan seksual Anda sendiri.

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami